Sabtu, 07 Agustus 2010 |

arca gupolo

situs arca gupolo adalah sebuah arca agastiya yang berukuran raksasa setinggi 2 meter, dengan 7 buah arca dewa hindu yang bentuknya sudah tidak bisa di kenali lagi. situs ini berada di tengah hutan yang berada di desa sambirejo, prambanan, sleman

patuang agastya yang berukuran 2meteran

arca agstia yang menggunakan senjata trisula sebagai perlambangan dari dewa siwa yang dipegangnya masih kelihatan jelas. dan 3 buah relief manusia yang masih terlihat jelas di samping muka agastya. di situs ini mempunyai cerita yang merebak di desa ini bahwa guipolo merupakan sebuah patih di krajaan ratu boko. patih gupolo mengubur bandung bondowoso di sebuah sumur. karna rtelah membunuh raja ratu boko, namun karna kesaktiannya di akhirnya bisa meloloskan diri bahkan berkeinginan menyunting loro jongrang. namun dengan peryarataan loro jongrang ialah membuat 1000 candi dalam semalam. namun karna manipulasi dari rolo jongrang akhirnya semua niat bandung tersebut tidak bisa tercapai. dan sumur tempat gupolo mencempulungkan bandung bondowoso dipercaya berada di mata air yang ada di situs arca golo yang sekarang di gunakan oleh warga sekitar untuk kebutuhan MCK.

7 arca dewa yang rata-rata bentuknya telah aus


hal yang terunik di situs arca gupolo ini ialah 7 arca dewa hindu yang ada di sekitar situs tersebut. walau kini bentuknya sungguh memprihatinkan. sebab bagian kepalanya sudah hampir ta teridentifikasi lagi. selain arca-arca tersebut, ada lagi yang menarik di situs ini yaitu, patok penyangga yang memiliki 4 tulisan didalamnya,yaitu menggunkan bahasa belanda, indonesia jadul, jawa kuno hingga terdapat nomer registrasi situs. kemungkinan bangunan ini berada di massa pendudukan belanda.

keunikan patok perbritahuan yang menggunakan 4 bahasa penulisan

untuk mengunjungi situs ini jalan paling gampang ialah dengan mengikuti arah dari prambanan, menuju jalan prambanan-piungan. ikuti jalan tersebut hingga terlihat palang menuju ke candi ijo. dan berbelok ke kirilah, ikuti jalan tersebut hingga ketemu belokan ke kanan dan terus hingga ada jalan ke kiri ikuti jalan menanjak tersebut. hingga di tengah jalan ada patok yang menuju ke arca gupolo , maka berbelok ke kanan lah baru disana tanya penduduk sebab arca ini ada di tengah hutan. jangan takut dulu sebab dari jalan setapak menuju hutan situs tersebut hanya 100 meteran.

di sekeliling situs ini sebenarnya terdapat banyak situs purbakala lainnya yaitu, candi ijo, situs sumur bandung dan candi tinjon.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?