Kamis, 19 Agustus 2010 |

situs wiladeg

situs wiladeg berada di desa wiladeg, kecamatan karangmojo, gunung kidul, jogjakarta. situs ini sendiri terdiri dari sebuah arca nandi, komponen candi dan beberapa artefak.

kawasan situs wiladeg

situs wiladeg sendiri mempunyai keunikan yaitu arca nandinya terlihat agak kurus dan agak menyerupai hewan lain (45u). keberadaan nandi ini juga tergolong terawat, sebab arca tersebut telah dibuatkan rumah-rumahan, sebagi penanda bahwa warga sekitar situs teramat menghormati peninggalan nenek moyang. keadaan nandinyapun masih cukup baik, bagian kepalanya masih utuh, tidak seperti nandi-nandi lainny yang bagian kepalanya telah melayang entah kemana.

arca nandi situs wiladeg

tidak jauh dari arca nandi wiladeg, terdapat 2 kamar mandi umum yang di bedakan jenisnya, perempuan dan wanita di pisahkan. dan di situs wiladeg inipun terdapat beberapa kolam mata air, dan di salah satu mata air tersebut terdapat reruntuhan komponen batu candi yang masih tersisa. dan kemungkinan komponen batu candi lainnya masih terkubur di dalam tanah, atau malah telah dijadikan sebagai bahan bangaunan warga yang kurangnya memahami arti melestarikan sejarah bangsa.

sebuah kolam yang di percaya masih menyimpan batu candi yang masih tersisa

arah untuk menuju ke desa wiladeg ini agak terlampau rumit bagi orang yang bukan asli kota gunung kidul tersebut. dan di himbau bagi pembaca yang hendak menuju ke situs ini jangan sungkan-sungkan untuk bertanya. sebab jarak desa antar desa di gunung kidul itu jaraknya bisa sangat berjauhan.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

3 komentar:

nunofa mengatakan...

adem disini.. dekat rumah suamiq ;-)

Komunitas Karangmojo mengatakan...

Ijin share ya mas heri.. :)

sinta aryansa mengatakan...

lokasinya lebih tepat dimananya ya kak?

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?