Sabtu, 07 Agustus 2010 |

candi tinjon

candi tinjon kini hanya menyisakan batu-batu candi yang berserakan, dan bentuknya seperti sebuah pagar/pondasi kaki candi. kemungkinan candi ini sejaman dengan candi ijo yang berada di dekat situs ini

batu candi yang terselip dedaunan


situs candi tinjon berada di dusun gunung cilik, sambirejo, prambanan, sleman, jogjakarta. dan jalan menuju situs ini sama dengan jalan menuju candi ijo namun ketika menaiki tanjakan awal sebelum kantor kepala desa sambirejo, di sebuah bukit kecil di sebreang jalan candi ini berada. dan tepatnya jauh dari perumahan tinjonnya.

hanya pondasi candi yang tersisa

candi ini sendiri berada dipinggir sebuah tebing. dan kemungkinan banyak batu candi yang jatuh kebawah tebing tersebut. dan ada sebuah sumber yang menyebutkan bahwa disitus ini pernah diketemukan sebuah arca yang besar. namun kejelasan arca apa itu. kurang bisa dipastikan.

pondasi candi di bukit tinjon

dahulu kala di bukit ini candi tinjon berdiri tegak


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

setyo budi mengatakan...

tak terawat

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?