Rabu, 18 Agustus 2010 |

situs bleberan

situs bleberan merupakan sebuah penampungan menhir dan beberapa benca cagar budaya yang di temukan di desa bleberan. di situs ini memiliki sekitar 7 arca dari yang sekitar 1 hingga 3 meteran. dan hampir semua masih dalam keadaan baik. bagian raut muka dan bagian tangan masih bisa terlihat.

situs bleberan yang termasuk situs megalitik khas gunung kidul

bentuk penataan batu purbakala di situs bleberan sepertinya memang ciri khas bentuk situs megalitik di gunung kidul ( matu di jejer-jejer, dan ada sekitar 2 taw lebih kotak halaman menaruk batu). seperti halnya bentuk penataan situs sokoliman dan situs gondang di karangmojo.

penataan batu yang mencirikan situs megalitik di gunung kidul


beberapa menhir yang di susun berjejearan

di samping kotak sebelah kanan di taruh beberapa menhir, sedangkan di sisi kiri tersusun batu-batu candi yang hanya tersisa komnen kecilnya saja. sedangkan untuk fasilitas yang terdapat di situs ini adalah sebuah pos jaga/ mungkin tempat berteduh. menurut beberapa orang situs ini baru di buat/ diresmikan.

menhir berukuran 3 meter


sebuah menhir berukuran 3 meteran yang bagian raut muka dan tangannya masih terlihat. kemungkinan menhir ini merupakan sebuah lambang penghormatan jaman batu dahulu kala.

batu bulan

di situs ini terdapat 2 buah batu besar yang cukup besar yang kurang jelas kegunaannya pada masa lampau untuk apa?

konservasi wal situs bleberan (sumber: gkprehistory blogspot)

untuk menuju situs inipun lumayan sulit dilalui. apabila ada yang berminat mengunjungi situs ini, disarankan untuk bertanya pada warga yang ada di sekitar anda. situs bleberan sendiri berada di desa bleberan, kecamatan playen, gunung kidul jogjakarta. atau sekitar 3 kiloan dari situs papringan


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?