Kamis, 19 Agustus 2010 |

situs sumur gedhe

Sumur Gedhe lebarnya sekitar 4x4meteran, merupakan petirtaan kuno yang didesain sebagai tempat mengambil air, mandi, mencuci, memberi minum binatang piaraan dan sebagainya. Sumur ini berusia sama dengan kubur batu yang digunakan oleh manusia Sokoliman Purba. Di sekitar Sumur Gedhe ini dahulu terdapat beberapa Watu Lesung yaitu batu yang berwujud mirip lesung, yang biasa digunakan untuk tempat minum lembu, kambing atau kuda. Kompleks ini belum ditetapkan sebagai situs dan belum terawat dengan baik, padahal justru kompleks ini yang menurut hemat penulis paling menarik sebagai tempat wisata.

situs sumur gedhe

ga jauh dari sumur ini ada sebuah Padupan atau Watu Jeli di sudut Sumur Gedhe sebagai tempat pemujaan. Kini dihuni oleh manuk gemak atau burung puyuh, sehingga dikenal dengan nama omah gemak.

Padupan atau Watu Jeli


D19 sebagai kode bahwa batu ini dilindungi


situs ini sendiri berada sekitar 500 meter dari situs sokoliman. yang secara tata letak berada di dusun sokoliman, desa bejiharjo, kecamatan karangmojo, gunung kidul, jogjakarta.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?