Sabtu, 21 Agustus 2010 |

candi karangnongko

Candi karangnongko, kini hanya menyisakan bagian pondasinya saja. kira-kira berukuran 3x3 m² dengan tinggi + 0,5 meter. candi ini berada di tengah arel persawahan warga.

sisa pondasi candi karangnongko


diantar reruntuhan candi di temukan beberapa artefak candi dan juga sebuah lingga. kemungkinan candi ini beragama hindu, sama dengan candi merak yang jaraknya hanya 2 kilo dari candi karangnongko.

lingga candi karangnongko


pondasi candi karangnongko


ga jauh dari candi ini berada ada sebuah mata air yang terdapat banyak batu candi di sana, kemungkinan dahulu kala ini adalah sebuah pertirtaan/kolam kuno.

pondasi candi


jalan menuju candi ini ta terlalu sulit, asal berpatokan pada kantor kecamatan karangnongko, hingga cari persawahan luas di samping sebuah bekas gudang sembako. dan lihat papan pengumuman putih di tengah sawah., sebab candi ini ada di tengah-tengah sawah. dan secara administratif candi ini berada di desa karangnongko, kecamatan karangnongko, klaten, jawa tengah


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?