Selasa, 24 Agustus 2010 |

candi losari

candi losari merupakan sebuah candi yang ditemukan pada tanggal 11 Mei 2004 oleh seorang guru SMP. di tengah-tengah perkebunan salaknya. Candi tersebut berukuran sekitar 3x3 meter, menghadap ke barat. dan berada di kedalaman 4 meteran dibawah tanah.

candi losari yang masih terpendam


candi ini sendiri kurang jelas mempunyai arca atau tidak. tidak semua candi di buka, ada sebagian candi perwara yang di kubur kembali. demi menjaga dari hal-hal yang tidak di inginkan.

candi losari


batu candi yang hendak dipendam kembali


areal penggalian candi losari


candi ini sendiri berada di desa losari, kecamatan salam, Magelang Jawa tengah. dan rute tergampang menuju candi ini ialah dengan mengikuti jalur jogja magelang, bila anda berasal dari arah jogja maka terus hingga sampai perbatasan jogja-magelang sekitar 2 kilometer di kiri anda ada plang menuju candi losari, baru berbelok ke kirilah, ikuti jalan tersebut hingga anda bertemu dengan perkebunan salak di kiri anda maka lurus saja hingga anda bertemu ke perkebunan salak yang kedua maka titipkan kendaraan anda dirumah warga, dan dan mulai jelajahi kebun salak yang arah kiri anda, di tengah-tengah kebun tersebut candinya berada.

# disarankan untuk minta ijin dulu pada mpu yang punya kebun.
# di anjurkan untuk tidak mencuri salaknya.
# di rumah pa badi(yang punya kebon salak situs losari) ada beberapa batu candi losari yang diamankan. pa bila ingin melihatnya... hubungi dia.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu selalu.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?