Kamis, 19 Agustus 2010 |

monumen penjuangan sudirman

monumen ini di berada di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, kecamatan karangmojo, gunung kidul jogjakarta. monumen ini kini bentuknya sungguh memprihatinkan, tangga menuju bukit tempat monumen tersebut berada telah bayak yang rusak. sedangkan ketika sampai di depan monumennya. rasa hati amat kecewa.(dah cape2 naek tangga.. eh monumennya kumuh).. di sekitar monumen banyak terjadi vandalisme sungguh membuat monumen tersebut semakin kumuh.
monumen sudirman yang sepi pengunjung

kurangnya perhtian warga sekitar dan juga pemerintah yang membuat moinumen tersebut seperti sebuah tugu usang yang ta menyimpan banyak cerita di dalamnya. padahal bila di gunakan dengan baik, monumen ini bisa jadi bahan pembelajaran bahwa jendral sudirman dan semua pahlawan kita mempertahankan bangsa ini dengan susah payah. dan alangkah mulianya kita sebagai masyarakat yang beradap. untuk menghormati jasa-jasa mereka dengan apapun hal yang kita bisa. seperti halnya melestarikan saksi sejarah bangsa dan juga menghormati jasa-jasa mereka.

prasasti yang berada di tubuh monumen

situs ini sendiri merupakan sebuah monumen untuk mempringati peristiwa 10 maret 1949 yang bermakna markas komando pemerintahan militer kabupaten gunung kidul yang terletak di desa gelagar diserbu dan di bakar oleh tentara belanda.

ta jauh dari monumen terdapat gua glatik dan juga bendungan kali banyumoto yang di sampingnya terdapat gua pindul. mata air tanggul banyumoto teramat biru dan terkesan sungguh sedap di pandang mata. dari gua glatik bisa tembus menuju gua pindul.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?