Rabu, 18 Agustus 2010 |

candi papringan

berbicara tentang candi di gunung kidul mungkin yang kita bayangkan hanya sebuah reruntuhan candi yang bentuk dan keberadaannya kurang diminati sebagai objek wisata. seperti inilah faktanya, memang candi di gunung kidul seperti itu apa adanya. seperti halnya candi papringan yang berada di dusun papringan, desa plembutan, kecamatan playen, gunung kidul jogjakarta.

situs ini kini bentuknya susah untuk bisa di rekonstruksi ke bentuk aslinya. candi ini pun kini hanya menyisakan batu-batu candi yang tersebar dimana-mana. menurut beberapa sumber situs ini banyak batu candinya yang di gunakan sebagai bahan membuat jalanan.

kondisi candi papringan

kurang peka manusia pada perlindungan sejarah bangsa inilah yang membuat banyak situs bersejarah yang tidak awet hingga kini. begitu halnya yang terjadi di situs candi ini.

kumpulan batu candi


pondasi candi papringan yang masih tersisa

di kompleks candi papringan kini menyisakan batu candi yang masih terkubut di dalam tanah dan sebagian batunya masih menjulang keluar. dan ada beberapa batu yang di rapihkan di beberapa suidut halaman candi. di candi inipun masih terlihat beberapa umpak yang bentuknya mirip dengan yang ada di situs watu geddig prambanan. dan ada juda sebuah lubang di badan candi yang kemungkinan ini bagian sumuran candi yang di gali paksa oleh beberapa orang yang kurang menghargai sejarah bangsa.

umpak


candi ini dulu memiliki sebuah arca yang di identivikasi bahwa arca ini berupa arca yang belum selesai di buat, namun kini bentuk arca tersebut kurang jelas berada dimana. apa sudah di amankan pihak BP3 atau telah berpindah tangan.

untuk menuju situs inipun sungguh gampang. jalur pertama apa bila anda berada dari jogja menuju ke gunung kidul ialah berpatokan pada perempatan lampu merah jalan gading yang ada pos polisinya lurus hingga sampai pertigaan lampumerah, selanjutnya anda berbelaok ke kanan, lalu lurus ikuti jal;an tersebut hingga sampai di pertigaan pasar, anda berbelok ke kanan dan lalu kekiri baru lurus ikuti jalan tersebut.. hingga di kiri anda terdapat sebuah gapura berwarna kuning maka berbelok lah masuk kedalam dusun tersebut hingga sampai di perempatan yang ada pos kamlingnya anda berbelok ke kirilah... ikuti jalan rusak tersebut hingga candi papringan tepat berada di kiri anda..

apa bila anda berminat menuju situs ini jangan sungkan-sungkan untuk bertanya.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

cindelaras mengatakan...

dapet kabar dari teman, katanya banyak batu dari reruntuhan candi papringan yang dijadikan pondasi jalan, bro..
sedih saya dengernya..

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?