Sabtu, 28 Agustus 2010 |

situs palgading

situs percandian yang berlatar belakangi agama budha ini kini hanya menyisakan batu-batu candi dan beberapa lubang penggalian. di bawah lubang penggalian tersebut, masih bila dilihat beberapa sudut pondasi candi yang sebagian badannya masih terpendam.

artefak stupa

di reruntuhan candi palgading ini masih terlihat beberapa komponen bentuk stupa, seperti peodasi, badan dan juga puncak stupa. ini berarti situs purbakala tersebut dahulu merupakan sebuah candi besar yang beragama budha.

sebuah puncak stupa

candi ini kemungkinan dahulu sebagai pusat pemujaan agama budha di daerah ngaglik ini, sebab tidak jauh dari dusun palgading yaitu dusun ngepas dan juga dusun kimpulan terdapat sebuah candi beragama hindu.

kumpulan batu candi palgading

kurang jelas mengapa kelanjutan penggalian semua pondasi candi tak diteruskan. kurangnya dana dan juga posisi candi yang kurang strategis untuk dijadikan obyek utama pariwisata yang membuat pemerintah lebih mementingkan candi-candi yang lebih strategis.

pondasi candi yang masih terpendam di tanah.

candi ini sendiri berada di dusun palgading, desa sinduharjo, ngaglik sleman, jogjakarta, tepatnya berada di sebuah halaman warga di belakang sebuah masjid. untuk menuju ke dusun palgading, jalur paling gampang ialah dengan mengikuti jalur jalan kaliurang, dan ketika sampai di daerah desa sinduharjo maka berbelok ke kanan lah, dan mulai bertanya kepada warga sekitar, sebab dusun ini berada nyempil di sudut jalan yang sepi..


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?