Rabu, 18 Agustus 2010 |

situs gunung bang

situs gunung bang merupakan sebuah situs megalitik yang masih tersisa di daerah karangmojo gunung kidul, selain situs sokoliman dan situs gondang. namun sayangnya nasib situs ini ta semujur keduanya. situs ini berada di are terbuka dan terkesan seperti batu-batu yang berserakan di pembuanagn sampah. situs ini memang memprihatinkan. ta mempunyai pagar, ta ada penjaga yang merawat situs. jadi ketika seseorang hendak menuju situs ini mereka akan heran dimana situs ini berada, sebab warga sekitar saja taunya ini merupakan sebuah kuburan.

batu-batu megalitik gunung bang


kondisi yang memprihatinkan di situs gunung bang


memprihatinkan memang nasib situs ini. walaupun bagaimana, situs ini perlu dilestarikan, dan dijaga. situs ini berupa batu-batu megalitik yang tercecer beberapa bagian, ada di kiri jalan dan di kanan jalan. bentuknya seperti seebuah kubur batu jaman batu.

batu megalitik gunung bang


nomer invertaris (D7) sebagai tanda batu ini bersejarah


untuk menuju situs ini di anjurkan untuk bertanya dan menanyakan dimana letak kubur budha. sebab kebanyak warga sekitar ta mengetahui nama situs gunung bang. dan dianjurkan lagi untuk tidak menanyakan nama candi oleh warga sekitar sebab yang mereka tahu, candi itu kijing, dan candi yang kita maksut itu bagi mereka bermaksud batu purbakala.

situs gunung bang sendiri berjarak sekitar 3 kiloan dari situs sokoliman, atau berada di desa bejiharjo, karangmojo, gunung kidul, jogjakarta


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?