Kamis, 26 Agustus 2010 |

sejarah yang hilang #1

jogja menyimpan beribu peradapan masa lalu yang masih bisa dilihat jejaknya. seperti halnya sebuah sejarah yang telah lama punan namun berbekal sebuah 1 buah fakta. sejarah tersebut masih tetap abadi dan masih menjadi sebuah misteri yang tak kan pernah bisa terpecahkan.

dan setelah berjelajah menyusuri kota jogja yang penuh ke anekaragaman akhirnya inilah beberapa cerita mengenai penemuan batu candi yang tersisa ataupu sebuah sejarah yang hilang yang kini hanya menyisakan dongeng yang hanya bisa dibayang-bayang.


1. situs sonosari

di dusun sonosari desa tegaltirto, berbah sleman, jogjakarta. tahun 2008 yang lalu di gemparkan atas penemuan pondasi kaki candi yang berada di sebuah toko pembuantan tahu, yang hendak membuat sebuah rumah tinggal namun malah menemukan beberapa batu candi , namun kini semua batu candi yang dahulu di temukan banyak yang dibawa petugas BP3 ke prambanan dan batu yang tersisa, kemudian di pendam kembali di bawah tanah. dan kini ta ada satupun batu candi yang tergletak di sekitar penemuan candi.

dibawah rumah ini batu candi sonosari terpendam


2. situs ngaglik

situs ngaglik yang berada di dusun ngaglik, bokoharjo, prambanan, sleman, jogjakarta. kini hanya menyisakan sebuah batu yang tergletak di sebuah perkebuanan warga, menurut sang empu yang menyembunyikan batu tersebut, di sekitar tanah ini banyak di terdapat batu candi namun kini ta tersisa, semua di bawa ke prambanan, hanya tersisa 1 batu ini, makanya sang empu menyembunyikannya di semak blukar agar ta diambil oleh petugas. bila di ambil maka semua sejarah di dusun tersebut ta akan tersisa apapun.

batu candi dusun ngaglik bokoharjo, prambanan


3. situs jobohan

di dusun jobohan, desa bokoharjo, prambanan sleman, jogjakarta. terdapat 5 buah batu candi ,yang di gunakan sebagai bagar halaman, namun kurang jelas batu candi ini darimana asalnya, sebab menurut empu yang punya rumah batu-batu tersebut sebelum ia menempati rumah tersebut

batu candi dusun jobohan bokoharjo, prambanan


4. situs paleman

menurut data dari BP3 di dusun peleman desa bokoharjo, sleman, jogjakarta. termasuk kedalam kawasan suaka purbakala, sebab menurut dari beberapa sumber di dusun tersebut perah terdapat sebuah candi besar. namun kini batu candinya ta tersisa. ya tersisa hanya sebuah puncak ratna yang tergletak di pinggir jalan. warga sekitar juga tidak mengetahui pasti candi tersebut berada dimana.

batu candi dusun peleman bokoharjo, prambanan


5. situs kranjan

di dusun kranjan, desa bokoharjo, prambanan, sleman, jogjakarta. tergletak sebuah batu candi di pinggir jalan. batu candi tersebut berbentuk sebuah bongkahan batu candi dengan ukiran ornamennya masih terlihat jelas. menurut beberapa warga sekitar batu tersebut sudah lama tergletak disitu, dan berkembang isu bahwa batu tersebut berasal dari dusun jobohan, tempat dimana situs watu geddig berada.

batu candi dusun kranjan bokoharjo, prambanan


6. situs grogol

di dusun grogol, desa sumberejo, prambanan, sleman, jogjakarta. tergletak beberapa batu candi di beberapa sudut. termasuk sebuah batu candi dengan sebuah ukiran ornamennya yang masih terlihat jelas. kemungkinan di sekitar batu ini berada terdapat sebuah candi besar. ta jauh dari dusun ini yaitu di dusun polangan dan krapyak juga dulu terdapat subuah yoni namun kedua yoni di dua dusun tersebut telah dibawa ke prambanan akhir bulan mei 2010 yang lalu.

batu candi dusun grogol sumberejo prambanan


7. situs puren

menurut data dari BP3 di dusun puren, desa condong catur, depok, sleman. pernah ditemukan beberapa arca dan juga batu-batu candi pada tahun 80-an, namun saat ini di dusun ini ta ada 1 pun batu candi yang tersisa. sebagian arca dan artefak candi di simpan di fakeultas sejarah sanata darma dan sebagian lagi di timbun kembali di bawah tanah. dan kemudian di atas timbunan batu candi yang tersisa itulah di bangun sebuah bangunan yang sekarang di kenal dengan nama wisma rosari.

batu candi di timbun di bawah wisma rosari


8. situs senden

di dusun senden desa selomartani, kalasan, sleman. dahulu pernah di temukan sebuah arca dan juga beberapa batu candi di persawahan warga tahun 70-an. arca yang di temukan di dusun ini lalu di bawa oleh petugas purbakala setelah itu batu-batu candinya kemudian di pendam kembali.

di tengah persawahan di samping gapura inilah, arca dan batu candi di temukan


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

3 komentar:

stponline mengatakan...

nguri-uri sejarah

Anonim mengatakan...

di pekarangan rumahku dulu juga banyak batunya....
tapi kini hampir tak tersisa.........

Anonim mengatakan...

kbtln aku asli sonosari, dulu th 80'an pemilik lahan yg orang kadisono mau bikin sumur di kedalaman +/- 3 meteran dah keluar air dan di temukan batu2 candi,padahal di kampung kami sumur 6 meteran baru ada air, akhirnya sumur di urug dan di sewakan untuk pabrik krupuk

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?