Sabtu, 21 Agustus 2010 |

candi kadisoka

candi kadisoka berada di dusun kadisoka, desa purwomartani, kecamatan kalasan, sleman, jogjakarta. candi ini sendiri kondisinya hanya menyisakan bagian pondasi kakinya saja. dan itupun setengah bagian badannya masih tertimbun tanah, kurang jelas mengapa penggalian tanahnya ga sekalian, hanya menyisakan banyak lubang galian

pondasi kaki candi kadisoka

candi kadisoka sendi berjarak sekitar 500 meter dari candi sambisari, kemungkinan candi ini masih sejaman dengan candi sambisari.

pondasi candi kadisoka


lubang galian yang terdapat sebuah pondasi kaki candi

kurang jelas bentuk keagamaan candi ini, sebab ta ada relief, arca atau komponen-komponen keagamaan pada suatu candi. candi ini sendiri berada di tengah sawah, dan jalur untuk menuju situs ini harus melalui jalan pemancinagn yang jalannya hanya untuk kendaraan beroda dua.

lubang-lubang galian di candi kadisoka

jalan tergampang untuk menuju candi kadisoka ialah dengan mengikuti jalan menuju sambi sari. pertama-tama apabila anda berada dari arah jogja ke arah klaten. hingga anda berada di kawasan kalasan tepatnya hingga skollah penerbangan AAU. anda berbalok menuju candi sambisarilah, lurus hingga menuju candi sambisari, ketikasampai candi sambisari, lurus terus melewati kampung lagi hingga anda bertemu jalan asapal yang lumayang besar, lalu ikuti jalan tersebut hingga menemukan pertigaan, maka anda berbelok ke kirilah, lurus hingga sampai di pemanciman, berbelok ke kirilah dan ikuti jalan setapak tersebut hingga anda mentok di candi kadisoka..

apabila anda bingung tanya saja letak candi kadisoka yang berada di tengah sawah, pasti ada yang tau.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

killerde3r mengatakan...

Permisi, saya ijin pakai resource image Candi Kadisoka nya ya di aplikasi android saya, free kok bkn untuk komersil saya cantumin alamat sumbernya nanti dari sini, terima kasih. :)

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?