Sabtu, 07 Agustus 2010 |

gua surocolo

gua sunan mas atau yang lebih di kenal dengan nama gua surocolo berada di dusun Poyahan, desa Seloharjo, kecamatan Kretek, Bantul, Jogjakarta. sekitar 20 kilometer dari pusat jogjakarta. di sekitar gua terdapat 3 buah kolam yang di sekitarnya di kelilingi 2 buah jaladwara dan juga betu-batu candi.

sebuah jaladwara yang mengaliri sebuah kolam


jaladwara pertama


jaladwara kedua yang berada 10 meter dari jaladwara pertama.

sejarah yang terlahir di gua sunan mas ialah berhubungan erat dengan nyai rondo yang tinggal di lingkungan gua dan secara tiba-tiba ia hamil mendadak dan ketika itu ia tidak tahu bahwa anak yang ada di perutny tersebut sakti mandraguna. dan setelah lahir ia memberinya nama umar. dan selang beberapa tahun datanglah RM Sutikno putra dari Sunan Amangkurat II. Saat pemerintahan di pegang oleh RM Sutikno, beliau terus menerus di ancam oleh Trunojoyo yang masih ingin menguasai Mataram. Karena beliau terus merasa gelisah beliau pergi ke selatan sampai ke Surocolo untuk bertapa dan singgahlah ia di surocolo.

lalu RM sutikno membuat gua buatan pada sebuah tebing, dengan di bantu abdi dalemnya, namun melihat para abdi dalem kesulitan menggali batu untuk membuat gua akhirnya umar membantu namun dengan kesaktiannya umar membuat gua dengan mudahnya hanya dengan menggunakan sebuah batok kelapa. dan akhirnya karna rasa terimakasihnya maka RM sutikno atau yang lebih di kenal dengan nama sunan mas di dusun tersebut. mengangkatnya menjadi kaki tangan. dan sebagai rasa terimakasih tersebut umar memberikan banyak arca kepada sunan mas. maka tidak jauh dari gua terdapat nama dusun ngreco. yang tidak jauh dari mulu gua tersebut.

mulut gua dan beberapa batu candi yang di percaya di kirim orang sakti dari pacitan

menurut seorang warga yang tinggal tidak jauh dari gua tersebut, semua batu candi yang berada di mulut gua, berasal pengiriman orang sakti yang berada di pacitan, lalu di tangkap oleh orang sakti juga yang berada di bibir gua tersebut. kurang jelas kebenaran cerita mitos tersebut.

gua surocolo yang dipercaya di buat menggunakan batok kelapa

alur tergampang menemukan situs ini ialah dengan mengikuti jalan parangtritis, hingga sekitar 20 kilometeran anda menemukan jempatan besar yang di bawahnya sungai, maka di penghujung jembatan tersebut ber belok ke kirilah, lurus terus hingga ada jalan menanjak di kiri anda/ sekitar 1 kilo dari jembatan tersebut. maka berbelok ke kanan lah, ikuti jalan menanjak tersebut hingga jalan aspal tersebut habis. disanalah gua tersebut berada...


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

2 komentar:

Anonim mengatakan...

salut dengan situs yang ada..., kami serombongan barusan (Minggu, 04 Maret 2012) gowes kesana..., hebat & salut... (Agung)

Anonim mengatakan...

manstap mas bro

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?