Minggu, 19 September 2010 |

candi blandongan

candi blandongan merupakan 1 satu candi yang berada di kompleks situs batujaya. candi ini kini sudah selesai di pugar walau ta semua bagian candi utuh seperti aslinya, sebab bagian atap candi sudah tak berbentuk lagi. kurang jelas kemana bagian candi, kemungkinan bagian atap candi menggunakan batu yang mudah lapuk seperti kayu atau bahan-bahan lainnya. atau malah telah runtuh, sebab batu candi semuanya polos dan tak bercorak seperti candi-candi di pulau jawa bagian tengah.

bagian dalam salah satu badan candi

yang paling memprihatinkan dari hasil rekonstruksi ini ialah ubin candi terbuat dari batu semen berwarna abu-abu. agak kontras dengan bentuk batu bata coklat. kurang jelas mengapa pemahaman pemasangan yang ta harmonis ini bisa terjadi dan juga terlihat dari jauh lantai dalam candi bagian atas seperti menggunakan corcoran semen.. sayangnya ga bisa masuk, mungkin bila boleh masuk, sungguh ganjil pemasangan ini bisa terjadi.

pondasi lantai candi blandongan

candi blandongan sendiri berbeda dengan candi jiwa dan beberapa candi di batujaya, candi ini memiliki 4 tangga masuk dan berbentuk bujur sangkar. sayangnya candi ini ta memiliki relief di bagian badan candinya, dan terkesan polos.
candi blandongan yang kini hanya menyisakan bagian kaki dan badannya saja

di sekitar candi blandongan inbi berdiri terdapat beberapa tumpukan batu bata yang kemungkinan dahulu merupakan bagian bangunan candi juga yang sayangnya susah untuk bisa di rekonstruksi kembali karna sangking parahnya batu bata tersebut porak poranda.

seperti sebuah bangunan kecil

di kompleks candi ini pernah di ketemukan kerangka manusia, arca, gerabah dan beberapa komponen candi yang kini telah diamanakan pihak BP3. mengenai kegunaan candi ini pada jaman dahulu. kurang bisa dipastikan, kemungkinan sebagai bangunan utama/istana. dikarnakan bagiannya yang paling besar dan juga memuliki tangga masuk.

sebuah candi yang kini ta berbentuk lagi

candi blandongan sendiri memang mirip dengan candi-candi yang ada di jawa timur. yaitu candi-candi khas kerajaan majapahit. dan candi blandongan sendiri masih 1 kompleks dengan situs batu jaya yang berada di desa segaran, batujaya, karawang, jawa barat. untuk menuju kesitus ini dianjurkan melalui jalur rangkas dengklok lalu menuju batu jaya. dan situs iniberada di tengah persawahan yang untuk menuju 1 situs ke situs lainnya sudah bila menggunakan kendaraan dan ta usah cape-cape mengitari situs ini dengan berjalan kaki. sebab secara garis besar seluruh situs batu jaya sekitar 2 kiloan lebarnya. dan kebanyakan memang sudah ta berbentuk lagi.

#. lihat foto situs batu jaya secara komplit klik disini


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

2 komentar:

Tri Setyo Wijanarko mengatakan...

lokasinya dimana ni mas? kok kalau diperhatikan bahan bangunannya batu bata merah mirip seperti candi-candi yang ada di trowulan

nyariwatu mengatakan...

di daerah karawang jawa barat... memeng karna disana ga punya gunung jadi bahan bakunya dari tanah liat/ batu bata

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?