Sabtu, 10 Juli 2010 |

situs sumur bandung sumberwatu

situs ini berada di depan SD sumberwatu. situs ini sendiri berada di dusun sumberwatu, sambirejo, prambanan, Sleman. Jogjakarta.. kini keberadaannya sungguh memprihatinkan, sebab banyak batu candi bertebaran di pelosok sawah, di semak-semak dan ada yang dipinggir kandang sapi juga.

candi sumberwatu/situs sumur bandung

warga sekitar sendiri menyebut situs ini dengan nama situs sumur bandung budan candi sumberwatu yang tercatat di data inventarisasi pihak BP3. situs ini namanya hampir sama dengan situs sumur bandung yang berada di dusun groyakan. dan dilatar belakangi oleh legenda bandung bondowoso yang dipendam didalam sebuah sumur oleh ratu boko dan dengan ksaktiannya ia berhasil melarikan diri. namun untuk situs sumur bandung yangberada di dusun sumberwatu ini kurang bisa dipastikan kebenarannya sebab menurut beberapa literatur yang menjelaskan tentang rato boko ataupun bandung bondowoso. kedua legenda tersebut beragama hindu. dan sedangkan situs candi ini dahulu digunakan sebagai tempat beribadah umat budha. sebab disitus ini ditemukan beberapa komponen bangunan stupa seperti yasti (puncak stupa) dan sebuah batu berbentuk bunga padma.

sumuran candi yang kini tertimbun batu-batu candi

bangunan candi sumberwatu sendiri kini sudah tidak bisa direkonstruksi kembali, menilai banyaknya batu candi yang telah menghilang. dusun sumberwatu sendiri ditetapkan sebagai desa wisata cagar budaya yang dibeberapa titik didusun ini banyak ditemukan bangunan cagar budaya. baik yang ada di dusun ini ataupun didusun tetangga (dusun dawangsari, candi sari, groyakan ataupun dawung).

sebuah yasti (puncak stupa)

situs arkeologis yang berdekatan dengan situs candi sumberwatu ini ialah antara lain ialah: situs umpak gatak, situs lingga sumberwatu, pura dharma shanti, arca budha, arca ganesa, candi ratu boko, candi miri, situs dawangsari ataupun candi barong. dan untuk menuju situs candi ini jalur tergampang ialah dengan melalui jalur jalan kecil di selatan pas gerbang propinsi jogja-klaten, yang terdapat pasar kaget bila pagi hari... ikuti jalan tersebut yang menuju puncak bukit prambanan. dan bila sampai di SD sumberwatu.. mulailah pas tepat di depan SD tersebutlah candi sumberwatu atau situs sumur bandung sumberwatu berada.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

2 komentar:

Anonim mengatakan...

sudah berkunjung ke sumur bandung bondowoso? sekarang sdh tidak bisa lagi karena telah berdiri sebuah vila mewah dan tertutup milik salah seorang jenderal indonesia!
sangat tertutup bahkan warga sekitar tidak boleh mengakses tempat itu.

sungguh ironis

Anonim mengatakan...

Salah jendralnya mau investasi disitu?? Lha wong ra' ono sing ngurusi. Santai aja mas.... masuk boleh kok, ada restonya lagi, pemandangannya mirip resto candi ratu boko. Waktu itu ikut lomba foto2 candi..

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?