Sabtu, 17 Juli 2010 |

candi abang

bentuk asli candi ini adalah menyerupai bentuk piramida dengan alas 36x34 meter dan tinggi yang hingga sekarang belum bisa diperkirakan. Bagian tengah candi ini berupa sumur. Beberapa buah batu andesit juga ditemukan disekitar candi yang masih belum bisa diketahui secara jelas akan fungsinya.

candi abang yang berbentuk bukit teletubies berwarna hijau


candi abang kini banyak ditumbuhi rerumputan sehingga dari jauh nampak mirip seperti gundukan tanah atau bukit kecil. Pada waktu pertama kali ditemukan, dalam candi ini terdapat arca dan alas yoni lambang dewa Siwa berbentuk segidelapan (tidak berbentuk segi empat, seperti biasanya) dengan sisi berukuran 15 cm. Beberapa orang menganggap Candi Abang merupakan tempat penyimpanan harta karun pada zaman dahulu kala, oleh karena itu sering dirusak dan digali oleh orang tidak bertanggung jawab (pada bulan November 2002, misalnya) yang mencari harta peninggalan sejarah dan barang berharga.

bekas galian pencurian harta karun pada tahun 2002 yang lalu


dikala gempa bumi jogja beberapa tahun lalu, candi ini banyak di huni oleh warga yang ketakutan lantaran merebak isu tsunami. makanya para warga sekitar candi pada berkumpul di candi ini. pergantian tahun juga ramai di kunjungi pengunjung yang hendak mengarungi pergantian hari diatas bukit sembari bakar-bakaran jagung dan dengan di temani alunan petikan gitar.

lapik arca yang terbuat dari batu andersit


candi ini sendiri berada di dusun candi abang, jogotirto, berbah, sleman, jogjakarta. akses menuju situs ini lumayan rumit, namun yang paling gampang ialah dari arah jalan prambanan-piungan lurus terus, hingga sekitar 8 kiloan terdapat plang menuju ke candi abang dan ikuti jalan kecil tersebut hingga melihat bukit di depan anda, mulailah menuju ke puncak bukit tersebut. karna candi ini berada tepat diatas bukit tersebut.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

6 komentar:

Pein mengatakan...

Mas, kalo ke Candi abang ada angkotnya ga ??
Hehehehhehe..........
mohon dijawab, thanx :D

nyariwatu mengatakan...

kalo angkot menuju kesana. ga ada... paling ojek.. candi abang sendiri berada di puncak bukit. jadi kalo mo motoran .. jalan menuju candiny agak ofroad.. kalo mo nitipin motor di rumah warga. paling jalan kaki sekitar 100 meteran

nyariwatu mengatakan...

kalo mo dianterin.. ngomong ke saya aja... saya bulan-bulan ini sibuk ngalor ngidul di sekitaran BP3bogem ampe kawasan prambanan...085643179301.. ni nomer saya

Pein Akatsuki mengatakan...

Hehehehhe,,,,,,,
malah ngerepotin situ jadinya :D
saya keknya ke Yogya akhir tahun lho kang,,,
biasa, backpacker, rombongan bertiga paling2,,,kesian ntar yg lainnya,,

Thanx kang ya :D

nyariwatu mengatakan...

ooo ta kira bulan-bulan ini.. aku hampir tiap hari ngalor ngidul ga jelas di sekitar prambanan ampe berbah...

Pein Akatsuki mengatakan...

Ga duwe duit mas kalo bulan ini,,,,
ini sedang nabung dari uang saku
hehehhe..... :D

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?