Selasa, 27 Juli 2010 |

Situs Perot

Letak candi perot kini berpindah tempat. kini semua batu candi perot berpindah di pelataran halaman candi pringapus. Candi ini menurut cerita, pada tahun 1907 runtuh dikarenakan sebuah badai yang sangat besar. keletakan asli situs candi ini sendiri berada di  sebuah hutan bambu yang menurut warga sekitar terkesan angker. seluruh batu candi situs ini kini telah dikumpulkan dan ditampung di halaman situs candi pringapus di di desa Pringapus, Ngadirejo, Temanggung, jawa tengah.

kondisi candi perot di lokasi aslinya 

masa pembangunan candi perot kemungkinan berbentuk hampir sama dengan bentuk candi pringapus, sebab di temukan banyak kecirian seperti bentuk relief ornamennya.  

durga

keberadaan Candi Perot juga tak kalah pentingnya, karena di candi itu pada tahun 1819 M ditemukan sebuah prasasti yang menyebutkan angka tahun 772 Caka atau 15 Juni 850 M. Prasasti yang berada di Candi Perot disebut Prasasti Tulang Air, yang ditulis dalam huruf dan bahasa Jawa Kuno, prasasti tersebut berisi tentang penetapan Ratu Sima oleh Rakai Panantapan Pu Manuku atas sebuah bangunan suci di desa Tulang Air, Rakai Panantapan Pu Manuku adalah pejabat pemerintah kerajaan Mataram Kuno yang dibawah kekuasaan Rakai Pikatan.


reruntuhan candi perot yang berada di pelataran halaman candi pringapus

Tulang Air merupakan prasasti tertua yang memuat daftar para pejabat dibawah raja yang berkuasa saat itu yaitu Rakai Pikatan ( Februari 847 - 27 Mei 855 M ), disebutkan pula bahwa Rakai Pikatan juga salah satu raja yang mendirikan Candi Prambanan dimana daerah sekitarnya masuk dalam wilayah kekuasaannya.

reruntuhan candi perot yang kemungkinan bentuknya serupa dengan bentuk candi pringapus



NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..


Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?