Jumat, 16 Juli 2010 |

situs arca bugisan

situs arca bugisan berada di dusun bugisan, purwomartani, kalasan, jogja. di dusun ini terdapat beberapa arca budha yang tergletak di lingkungan rumah warga. dan beberapa artefak dan batu candi yang bertebaran di pekarangan rumah warga hingga di dalam kompleks makan.

makara yang hanya disisakan kepalanya saja


6 arca budha yang masih tersisa di situs arca bugisan, dan hanya satu yang masih utuh kepalanya.


kepala arca budha yang masih tersisa


batu candi berornamen yang tergletak di lingkungan makam.

artefak batu candi yang tergletak di lingkungan makam


artefak batu candi yang tergletak di lingkungan makam


artefak candi yang tergletak di halaman rumah warga


kemungkinan dahulu kala di dusun ini terdapat sebuah candi budha yang berukuran besar. batu candinya sendiri hingga saat ini masih banyak tercecer di dusun ini. rute yang gampang di ikuti untuk menuju situs ini ialah, apabila anda berada dari arah prambanan menuju ke kalasan. hingga sampai di proliman, ikuti jalan tersebut setelah 1 gang dari proliman tersebut, berbelok ke kirilah, da ikuti jalan aspal tersebut, hingga di kiri anda terdapat gang yang di sampingnya terdapat makam, maka berbeloklah. karna disitu lah letak situsnya


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu...

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

anin mengatakan...

Blog yg bagus,,,paling nggak bukan hanya Borobudur dan Prambanan saja yg terkenal....ternyata masih banyak lagi candi2 lain yg juga menarik..walau skalanya kecil..

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?