Jumat, 16 Juli 2010 |

candi marangan

candi marangan merupakan reruntuhan candi yang berada di dusun marangan, bokoharjo, prambanan, sleman. kini keberadaannya sungguh memprihatinkan, dikarnakan banyak batu candi yang berserakan di beberapa titik, seperti pekarangan warga, pinggir sawah hingga jalanan umum.

artefak batu candi yang berserakan di beberapa titik di dusun ini.


dahulu kala berdiri sebuah candi di dusun ini, kemungkinan berupa candi beragama hindu. banyak artefak-artefak penting candi dan arca-arcanya yang di bawa ke prambanan. yang tersisa saat ini hanyalah bongkahan-bongkahan batu candi yang menandakan bahwa dahulu kala, di dusun ini pernah terdapat sebuah candi.

batu candi yang beralih fungsi jadi penompang kayu bakar oleh warga.


artefak batu candi yang tergletak di pinggir jalan.


batu candi yang tergletak di pinggir jalan


artefak candi yang masih tersisa yang banyak tersebar di beberapa sudut dusun marangan


seperti sebuah bongkahan yoni ataupun lapik arca yang sudah tidak bisa di liat lagi bentuk aslinya


batu candi yang di gunakan warga untuk pagar rumahnya.


jalan menuju ke dusun ini pun cukup mudah, jaitu bila anda berada dari prambanan, menuju ke arah piungan. lurus terus, hingga ratu boko tiba, anda ikuti terus jalan besar tersebut, hingga terlihat plang hijau menuju candi banyunibo, dan ikutu jalan setapak tersebu, hingga sebelum sawah ada bvelokan ke kanan, maka berbeloklah, sebab dusun itu ada di sekitar sawah tersebut....


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

2 komentar:

winangsit mengatakan...

Salam kenal. thanks dah upload info ttg dusunku. www.winangsit.com

nyariwatu mengatakan...

oh ya salam kenal juga. lindungi peninggalan sejarah yang ada didusunmu itu. walau hanya bongkahan batu, namun nilai sejarahnya begitu besar. kalo ada info tentang situs candi yang senasib dengan candi marangan. kasin info ya.

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?