Selasa, 27 Juli 2010 |

situs liyangan

situs liyangan merupakan kawasan cagar budaya yang unik, selain dulunya dipakai sebagai permukiman jaman mataram kuno, dengan di temukannya bebrapa kayu penyanggah dan atap ijuk yang kini masih tersisa, terpendam oleh lahar panas beatus-ratus tahun lamanya. dan juga di temukan beberapa kerangka manusia.

situs liangan setelah di ekskavasi

situs ini juga mempunyai keunikan yaitu memiliki yoni dengan 3 lingga. keunikan ini jarang ditemui di indonesia. situs liyangannya sendiri berada di kedalaman 2 meteran dibawah tanah, kemungkinan di temukan penampang pasir yang hendak mengambil batu..

cerat yoni pecah dan harus di ganjal oleh besi penyanggah


lingga yoni model poliandri

di sekitaraan situs ini menyebar bebrapa arca dan yoni yang tersebar di beberapa titik, ada yang telah di amankan petugas, dan tidak sedikit yang di kubur kembali oleh buruh pasir ini, demi menjaga kelestarian di cagar budaya di tempat mereka mencari nafkah ini.

bekas permukiman kuno yang terkubur lahar panas.


sebuah talut yang masih terkubur


sebuah yoni yang berada di perkebunan warga


situs liyangan berada di Dusun Liyangan, Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung, Jawa tengah. sekitar 2 kilo dari arah candi pringapus, tepatnya di kaki gunung sindoro. situs ini pun sudah di pagari, walau hanya menggunkana bambu, kesadaran pada penambang juga amat besar, jika mereka menemukan benda aneh yang erat kaitannya dengan situs liyangan ini. mereka akan kubur kembali, dan akan mencari tempat lain yang masih kosong.

(lihat koleksi foto nyariwatu tentang situs liyangan klik disini)


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu selalu.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

LEONY DAMARA mengatakan...

Lam knal...
Saya g mau meng-kritik..
saya mau informasikan, ada batu (kuno) berjejer dipinggir jalan raya Temanggung-Kaloran. tapi saya gak tau persis nama jalannya, Setahu saya di daerah tegowanuh/gandulan. (dari arah Temanggung ke Kaloran batu tersebut berada disebelah kiri).
Selamat mencari, semoga berhasil dan bermanfaat.
Sori kalau keterangan saya kurang jelas...
Salam
Otto Romo

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?