Sabtu, 17 Juli 2010 |

situs gatak

situs gatak kini hanya menyisakan 3 buah yoni yang semua ceratnya telah terbelah dan juga sebaran batu candi yang tersebar hingga di dusun tetangga. kini keberadaan situs inipun sungguh memprihatinkan, sisa2 artefak di biarkan tercecer dimana-mana.

yoni pertama yang sepertinya telah hilang ceratnya berada di utara tower


yoni kedua yang berada tidak jauh dari yoni pertama


yoni ketiga yang terpojok di perumahan warga.


kemungkinan yoni-yoni tersebut dahulu diatasnya terdapat sebuah arca yang besar. sebab bisa dilihat dari bagian dalam yoniny yang mempunyai kedalaman yang amat dalam. seperti halnya yoni yang jadi alas arca ganesa di candi gebang. namun bila memang benar yoni tersebut digunakan sebagai alas arca. sungguh disayangkan bila arcanya telah menghilang. bisa dipastikan arca tersebut begitu besar dan juga indah. namun pemikiran tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya.

yoni kedua yang bentuknya kurang terpelihara


yoni pertama yang digunakan warga sebagai tempat pembuangan piring pecah


sebuah lapik yang dahulu kala di gunakan sebagai penyanggah kayu


batu candi yang berada di samping selatan tower

secara administratif situs gatak berada di dusun gatak, bokoharjo, prambanan, jogja. jalur yang tergampang menuju dusun ini ialah dengan berpedoman pada jalur jogja piungan, setelah lurus sebelum belokan menuju bukit ratu boko ber belok kirilah, dan ikuti tower telkom berwarna merah, sebab situs gatak berada di sekeliling tower tersebut.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?