Minggu, 27 Maret 2011 |

situs umpak gatak

di sebuah makam di dusun gatak, desa bokoharjo, Prambanan sleman, DIY. terdabat 6 buah umpak yang tergletak dibeberapa sudut makam dan juga pinggir jalan. kurang jelas bentuk asli dari banguanan yang menggunakan umpak2 ini sebagai pondasinya. kemungkianan dahulu digunakan sebagai umpak banguanansemi permanen, seperti pendopo ataupun cagak banguanan yang sangat penting penggunaannya. seperti sebuah banguanan tempat berkumpul ataupun banguanan penting lainnya.

umpak yang berada diareal makam

umpak ini sendiri berada di areal jalan menuju bukit prambanan tempat diman, candi barong, ratu boko, miri dan juga beberapa situs purbakala lainnya berdiri. tak jauh dari umpak ini berada juga ditemukan banyak batu candi yang berjejer di pinggir jalan yang mungkin bangunan tersebut sejaman

umpak yang berada di areal makam

di dusun gatak sendiri sebenarnya masih menyimpan peninggalan arkeologis lainnya yaitu 3 buah yoni yang berukuran besar dan juga beberapa batu candi yang tersebar dibeberapa sudut dusun gatak.

umpak yang berada di pinggir jalan


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?