Minggu, 27 Maret 2011 |

penampungan BCB Mlati

penampungan BCB merupakan sebuah penampungan dari beberapa komponen benda cagar budayua yang berhasil diamankan demi menjaga kelestariannya dari kasus pencurian. dan salah satunya ialah berupa penampungan BCB yang berada di dusun Cebongan, Mlati, sleman yang tepatnya di samping kantor kecamatan mlati.

penampungan BCB di Mlati

penampungan arca di mlati ini sendiri merupakan penampungan beberapa artefak cagar buidaya yang berada di sekitaran kecamatan mlati dan sleman. ada sekitar puluhan arca, yoni, stupa, lumpng, makara, kala ataupun beberapa komponen batu candi yangberhasil di amankan di penampungan ini. demi menjaganya agar tetap bisa kita nikmati bersama.

arca tanpa kepala

di penampungan BCB ini ada beberapa arca yang menarik salah satunya ialah sebuah arcabertangan empat yang sayangnya kini bagian kepalanya telah menghilang. arca ini diapin oleh seseorang yang kurang jelas siapa dan yang satunya sebuah manusia berkepala burung.. sunguh unik memang. di penampunganini juga terdapat 4 buah batu yang merupakan sebuah komponen lapik arca atau malah sebuah lapik stupa. didindingnya juga terpahat sebuah ukiran bunga padma.

lapik arca/stupa?

selan arca di tempat ini juga terdapat beberapa lumpang yang dahulu digunakan sebagai tempat menumpuk padi dan ada juga yang digunakan sebagai tempat peribadatan... dan kurang pasti juga bila lumpang dengan lubang berdiameter selebar ini nama dan gunanya buat apa?

lumpang

dipenampunagn ini juga terdapat beberapa arca nandi yang sayangnya hampir sebuanya tanpa kepala. sepertinya telah dicuri pada jaman dulu.. sebab kepala nandi di perdagangan gelap harganya bisa sangatlah mahal. serupa dengan harga kepala arca dewa. arca nandi sendiri merupakan hewan [elihraan dewa shiwa. dan bila didalam candi terdapat arca nandinya berarti dahulu candi tersebut diguankan pemeluk hindu shiwa

nandi-nandi tanpa kepala

di penampunagn ini juga terdapat beberapa puncak stupa. yang berukuran beraneka ragam. stupa sendiri merupakan lambang dari agama budha. dan di indonesia stuap biasanya berdiri sendiri, berbeda dengan stupa-stupa di india ataupun negara lainnya.

stupa

dilihat dari banyaknya stupa yang berada di penampunagn ini kemungkianan dahulu agama budha juga merata di sekitaran kecamatan mlati hingga sleman. walaupun sayangnya reruntuhan candi di kecamatan sleman dan mlati hampir tak berbekas, berbeda dengan yangberada di kecamatan kalasan ataupun prambanan. yang masih banyak terdapat reruntuhan candi didalamnya.

kumpulan Stupa


surya kencana

penampungan ini juga menyimapan banyak bangunan yoni. sayangnya bagian lingganya hampir tak tersisa. lingga memang sebuah artefak candi yang paling gampang dicuri. yoni sendiri merupakan perlambanganperempuan sedangkan lingga merupakan perlambanagn laki-laki. sebagai perlambangan kesuburan.

kumpulan yoni-yoni

di penampunagan BCB di mlati ini banyak terdapat motif yoni didalamnya, dan berbagai ukuran. namun yang unik ialah sebuah yoni yang sepertinya belum jadi dibuat. dan terkesan masih kasar. kemungkinan dahulu sebelum selesai digarap. arca yoni ini keburu ditinggalkan oleh pembuatnya.

yoni yang belum jadi

sebenarnya masih ada lagi arca yang belum jadi ada sekitar 2 arca budha yang belum selesai diselesaikan oleh senimannya. salah satunya ialah arca budha seukuran 1 meteran. dan untungnya arca ini masih utuh bagian kepalanya. tidak seperti arca-arca disampingnya yang sudah detil digarap namuna kini mereka semua tak berkepala.

gw bareng arca budha yang belum jadi

sebenarnya masih banyak lagi arca dan komponen candi yangunik-unik namun sayangnya hampir semuanya ada bagian yang tak utuh lagi. dan untuk mengunjungi penampungan BCB ini jalur terdekat ialah denagn melewati jalur jogja magelang. dan bila anda berjalan berawal dari jogja menuju magelang. berhentilah di samping samsat sleman. dan ikuti jalan tersebut.. lurus saja, hingga ketemu plang pasar cebongan Mlati. berbelok ke kirilah hingga sampai di kantor kecamatan di dusun cebongan tersebut baru berhenti dan ikuti jalan disamping kantor kecamtan tersebut. disanalah penampungan arcanya berada... jangan lupa menuliskan buku tamu ya?


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?