Sabtu, 12 Maret 2011 |

candi wadas

candi wadas kini hanya menyisakan beberapa batu candi yang tergeletak disamping rumah seorang warga. candi wadas sendiri pertama kali di temukan pada tahun 92/93an. saat itu banyak ditemukan batu candi di sebuah lubang galian warga yang hendak membuat sebuah sumur. dan setelah di adakan penelitian pihak BP3. ditemukan beberapa komponen candi berupa struktur bangunan dan juga komponen bangunan stupa.

komponen stupa candi wadas

kini semua batu candi yang pernah ditemukan di situs candi wadas ini sebagian di bawa ke BP3 bogem kalasan dan sebagian lagi di kubur kembali demi menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan oleh pemilik lahan.. yang tersisa saat ini hanya beberapa batu komponen stupa dan juga batu-batu polos, yang sebagian juga dimanfaatkan oleh pemilik lahan sebagai umpak bangunan rumahnya.

batu candi yang digunakan sebagai umpak

pemilik lahan tempat situs ini berada sendiri bercerita bahwa pada saat awal penemuan situs ini. banyak stasiun TV yang mewawancarainya dan hampir disetasiun TV terpampang wajahnya. dan begitu semangat beliau menceritakan kejadian 20 tahun yang lalu tersebut.

ibu alias pemilik tanah berisi candi


candi wadas sendiri berada di dusun wadas, desa tridadi, kecamatan sleman, Sleman DIY. dan dusunnya sendiri berada tepat di depan samsat Sleman di pinggir jalan jogja magelang.


# terima kasih untuk tembi atas informasinya #


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu selalu.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?