Sabtu, 26 Maret 2011 |

situs klangkapan

situs klangkapan merupakan peninggalan sebuah yoni yangberada di sebuah sendang yang dipercaya sebagai sendang peninggalan suanna kali jaga. sendang ini sendiri berada di dusun klangkapan, margodadi, sayegan sleman, DIY. dan berjarak sekitar 3 kilo dari pasar godean.

yoni di sendang kelangkapan

nama klangkapan sendiri dipercaya dari cerita mengenai saat sunan kali jaga pesiar untuk mengajarkan agama islamketempat ini dan hendak mencari air untuk berwudhu namun tak diketemukan air yang jernih, mana ia tancapkan tombaknya ketanah (istilahnya klokop). yang lambat laun menjadi klangkapan. dan itulah cerita warga sekitar tetang asal muasal nama dusun tersebut.

dan disitus ini juga diketemukan sebuah yoni yang kemungkinan di sekitar situs ini dahulu digunakan umat hindu kuno buat beribadat. dan bukan tidak mungkin juga sendang klangkapan ini dahulu merupakan sebuah petirtaan.

#terima kasih untuk tembi atas informasinya #


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?