Sabtu, 05 Maret 2011 |

situs gondangan

situs gondangan berada di belakang sebuah sendang yang bernama sendang puruhitosari di dusun gondangan, sardonoharjo, ngaglik, sleman, DIY. situs ini berupa sebuah jaladwara yang keadaannya masih bagus. sendang puruhitosari sendiri masih digunakan sebagai tempat MCK oleh warga sekitar.

sendang puruhitosari

di bibir jaladwara situs gondangan terdapat sebuah arca tanpa kepala yang sedang duduk bersila. sungguh disayangkan memang keberadaan kepala arca yang sudah tidak ada lagi. kemungkinan jaladwara ini dahulu digunakan sebagai kocoran keluarnya air bisa juga dahulu kala jaladwara tersebut berada di sebuah petirtaan.

arca yang berada di bibir jaladwara

di sekitar jaladwara tersebut berada masih ada beberapa batu candi yang masih tersisa namun sayangnya kurang jelas komponen apa batu candi tersebut.

alas jaladwara yang berbentuk seperti sejadah

jalur tergampang menuju situs ini ialah dengan melalui jalur jalan kaliurang. dan bil anda dari arah ringroun menuju kaliurang sekitar 5-6 kilometer dari ring roud tepatnya di samping pombensin desa sardonoharjo. berbelok lah menuju gapura dusun gondangan yang tepat berada di samping pom bensin tersebut. dan lalu mulai bertanya pada warga sekitar mengenai keberadaan sendang puruhitosari. disanalah jaladwara tersebut berada.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu selalu.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Di situ tempat aku bermain air alias keceh waktu masih kecil....terimaksih sudah upload.....

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?