Rabu, 16 Maret 2011 |

situs jetis jogopaten

situs jogopaten berada pada sebuah sendang yang terdapat di dusun jetis jogopaten, pendowoharjo, Kec Sleman, Kab Sleman jogjakarta. situs ini dahulu merupakan hasil temuan beberapa batu candi yang terdampar dan tenggelam di sebuah aliran sungai yang jaraknya dengan letak sendang, tempat situs ini kini berada hanya sekitar 50 meteran.

antefik pertama yang berbentuk kala

kini yang tersisa di situs ini hanya berupa 2 buah antefik berbentuk mahluk kala dan sebuah relief kinara-kinari dengan sebuah pohon kehidupan "kalpataru" . sebenarnya masih banyak batu candi dan beberapa arca yang pernah diketemukan di situs ini. namun semuanya telah dibawa ke kalasan. dahulupun warga enggan 2 antefik dan relief kinara-kinari ini ikut dibawa. namun warga sekitar bersikukuh "jikalau semua penemuan ikut dibawa semua, lalu apa yang tersisa di desa ini" (menurut penuturan juru kunci situs tersebut)

antefik kedua yang berbentuk kala

dahulu disitus ini juga pernah diketemukan sebuah arca yang berukuran setinggi orang dewasa. warga sekitar menyebutnya dengan nama reco buto raksoso gendut. namun kini keberadaanya ikut dibawa ke kalasan (kantor BP3).

kedua antefik yang kini menjadi pajangan disebuah sendang

untuk mengangkatnya dari aliran sunggai menuju sendang pun. warga sekitar perlu bergotong royong untuk membawanya. dan diangkut sekitar 8 orangan, mengingan ukuran batu candi yang yang begitu besar dan untuk bisa mengangkat dari aliran sungai pun tak mudah. sebab para warga harus menggotong naik keatas dinding sungai yang lumayan curam. dan bila terpeleset sedikit, bisa mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan. namun begitulah niat tulus warga sekitar untuk melestarikan saksi sejarah bangsa yang dititipkan para leluhur di dusun tersebut. dan benilai pengabdian warga sekitar untuk melestarikan saksi sejarah bangsa yang begitu besar nilainya.

relief kinara-kinari dan kalpataru

mengenai keletakan peninggalan tersebut di sebuah sendang. dikarnakan sendang merupakan suatu unsur kehidupan di dusun ini. sebab banyak warga sekitar yang masih menggunakan air dari sendang tersebut untuk keperluan sehari-hari. bagi warga sekitar sendang jetis ini merupakan sebuah karunia dari tuhan yang dititipkan didusun tersebut. dan warga sekitar sangat menghargai hal tersebut, oleh karna itu situs ini di tempatkan disana. mengingat pula di dalam relief kinara-kinari terdapat sebuah simbol pohon kehidupan yang sering disebut dengan nama kalpataru. yang bisa diartikan menghargai penting sebuah karunia dalam kehidupan yang dititipkan oleh tuhan kepada kita.

situs sendang jetis jogopaten

situs ini sendiri berada di sebuah dusun kecil, yang berbatasan dengan desa donoharjo ngaglik. dan kemungkinan masih banyak situs-situs peninggalan para leluhur, yang nasibnya serupa dengan situs jetis jogopaten tersebut. dan kini nasibnya perlu lebih diperhatikan.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?