Sabtu, 26 Maret 2011 |

situs karang tanjung

dahulu di sekitar dusun karang tanjung banyak diketemukan puing-puing batu candi, namun kini keberadaannya hampir sudah tak tersisa. yang tersisa di situs ini hanya beberapa batu candi yang berada di areal persawahan warga. situs ini sendiri berada di dusun karangtanjung, pendowoharjo, Sleman, Sleman, DIY.

yoni yangdijadikan sebagai pondasi jalan perswahan

diareal sawah masih banyak diketemukan beberapa komponen banguanan candi di dalamnya. antara lain ialah sebuah yoni, batu pinggiran candi , genta dan kemuncak. dan yang paling memprihatinkan ialah sebuah yoni yang dalam keadaan terbalik yang kini dijadikan sebagai penompang untuk jembatan persawahan. keadaan yoninya sendiri masih baik namun sayangnya bentuk ceratnya tak terlihat, kemungkinan masih tertimbun tanah.

yoni situs karang bajang

disekitar yoni ini beradapun sebenarnya masih banyak ditemui batu-batu candi yang tersebar dibeberapa sudut dusun. jika ingin melihat secara keseluruhan peninggalan di situs ini. tentunya saat masa panen telah usai. sebab masih banyak batu candi yang tergeletak tertutup rimbunan pucuk padi.

batu candi di selokan sawah

sengan masih tersisanya peninggalan berupa yoni. kemungkianan dahulu disekitar situs ini berada terdapat sebuah tempat peribadatan beragama hindu. namun sayangnya bentuk bangunanan itu masih kurang dipastikan. bisa sebuah bangunan candi bisa juga sebuah petirtaan mengingat situs ini berada di sebuah aliran sungai dan juga terdapat mata air di pinggir persawahan tersebut.

batu candi yang dijadikan jembatan penyebrangan di sawah

di lingkungan dusun karang bajang sendiri masih terdapat beberapa peninggalan arkeologisnya lainnya, antar alain ialah: beberapa batu-batu candi dan juga kemuncak.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?