Jumat, 16 September 2011 |

Situs Balong Bayen

Situs Balong Bayen merupakan satu dari 12 titik sebarat situs masa klasih yang berada di Dusun Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman DIY. keletakan dusun Balong bayen sendiri berada tidak jauh dari keletakan situs Candi Sambisari, Candi Kadisoka, Situs Cupuwatu hingga Situs Babadan

Batu Candi situs Balong Bayen

Pihak BP3 (Badan pelestari peninggalan Purbakal) DIY sudah mengatahui keberadaannya sejak puluhan tahun, bahkan sejak tahun 80an pernah melakukan penelitian dan juga pemantauan ke lokasi situs ini. warga sekitar sendiri mengaku bahwa batu-batu candi yang berada di dusun ini awalnya ditemukan di dalam tanah perkebunan warga.
Batu Candi situs Balong Bayen

Warga sekitar sendiri mengaku bahwa batu-batu dengan ukiran yang cukup indah pernah dibawa oleh pihak BP3, dan sisa batu polos yang ada disitus ini banyak dikubur kembali dan sebagian digunakan sebagai bakan bangunan warga sekitar.
Batu yang berbentuk seperti ukiran bunga Padma

Dari pemantauan dilapangan memang tidak banyak bantu berukir yang yang bisa menggambarkan keagamaan situs ini, namun dari sekian batu yang masih dapat ditemui di sekitar lingkungan rumah warga. terdapat batu yang dari  bentuknya mirik sebagai komponen bangunan stupa, yang jika digabungkan akan berbentuk seperti bunga Padma. bentuk bangunan seperti ini dapat ditemui di Situs Candi Dawangsari dan juga situs sumur bandung Sumberwatu di kawasan Perbukitan Prambanan. jika itu benar, tentu bisa diperkirakan bahwa situs ini adalah peninggalan klasik berupa bekas situs candi, yang mengatut kiblat agama Budha.
Batu yang berbentuk seperti ukiran bunga Padma

Selain itu, terdapat juga sebuah batu penghias badan candi, yang di badan batu tersebut masih bisa ditemukkan sebuah ukitar sulur-sulur didalamnya. demi keamanan batu tersebut, warga sekitarsengaja membalikkan batu tersebut, dan kini kondisinya telah menyatu dengan jalan karena telah di semen oleh warga sekitar


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..


Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?