Senin, 13 Juni 2011 |

situs cupuwatu

situs cupuwatu berada di dusun cupuwatu, prwomartani, kalasan, sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. di dusun cupuwatu ini banyak ditemui beberapa tinggalan arkeologis masa klasih berupa batu-batu candi di beberapa sudut rumah warga.

batu candi di dusun cupuwatu

batu candi yang kini tersisa di dusun inipun kebanyakan hanya berupa batu-batu polos dan batu skat batu candi. tidak banyak batu berukir yang kini masih tersisa di dusun ini. kemungkinan batu-batu candi tersebut telah banyak yang dijadikan sebagai pondasi rumah warga. dalam penyebaran batu candinyapun terdapat di 2 dusun yang ukurannya cukup luas yaitu dusun cupuwatu I dan dusun cupuwatu II.

batu candi di dusun cupuwatu

sebenarnya di dusun in ipernah ter dapat tinggalan arkeologis berupa stupa yang berbentuk seperti sebuah lingga. stupa sendiri merupakan perlambangan dari agama budha sedangkan lingga merupakan perlambangan dari agama hinda. dan mengeranai batu candi tersebut kegunaannya pada jaman dahulu untuk apa, masih kurangbisa dipastikan. sebab masih kurangnya informasi terdalam oleh beberapa sumber.

tugu cupuwatu yang ini berada di gedung agung jogja (gambar : karya otakkritink)


tugu cupuwatu ini kini berada di gedung agung jogja karta yang berada di jalan malioboro. ada yang menyebutnya dengan nama monumen dagoba yang tingginya sekitar 3,5 meter dan terbuat dari batu andersit. warga jogja sendiri ada beberapa yang menyebutnya dengan nama tugu lilin. sebab bentuknya seperti sebuah lilin. kemungkinan stupa cupuwatu ini di bawa ketika belanda masih menjajah kota jogjakarta dan dibawa oleh menier-menier belanda tersebut.

tugu cupuwatu yang ini berada di gedung agung jogja (gambar : karya otakkritink)


dengan adanya tinggalan arkeologis di dusun cupuwatu bisa dipastikan dusun cupuwatu purwomartani pada jaman dahulu digunakan sebagai tempat peribadatan umat budha/hindu.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

teror de brind dhilh mengatakan...

sejarah yang hilang dan berpindah tempat

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?