Senin, 13 Juni 2011 |

situs kunden

situs kunden berada di dusun kunden sumberejo, klaten selatan, Klaten Jawa Tengah. situs ini berupa sebuah petirtaan yang merupaakan sebuah pamandian suci bagi umat budha dan hindu. namun untuk situs kunden kurangbisa dipastikan dahulu petirtaan ini digunakan oleh umat hindu atau budha

petirtaan situs kunden


situs kunden berada di bawah tanah sebuah persawahan dan tepat di pinggir kali kecil. yang sungguh disayangkan tentu saja keberadaannya yang tidak bisa terlihat secara jelas apa bila dilihat dari jalan raya dan tidak adanya papan petunjuk dan informasi tentang keberadaan letak dari situs kunden tersebut.

petirtaan yang berada di kedalaman 1-2 meter di bawah tanah


situs kunden berbentuk huruh U dengan ukuran 4 x 1 meter dan diantara reruntuhan batu candi di situs kunden ini terdapat sebuah relung arca yang berada tepat di tengah-tengah petirtaan. mengenai arca apa yang dahulu berada di relung tersebut, sudah tidakbisa dipastikan lagi sebab kini arca tersebut sudahtidak bisa diketahui keberadaannya.

relung arca


situs ini juga masih di gunakan sebagai tempat keramat oleh warga sekitar ataupun warga pendatang dengan adanya beberapa dupa dan bunga-bunga sesaji.

pojok candi


di antara tumpukan batu-batu candi yang sebagian terbuat dari batu andersite terdapat beberapa batu batua kuno di dalamnya. kurang jelas kegunaan batu bata kuno tersebut. namun bisa dipastikan dahulu bangunan petirtaan ini menggunakan bahan baku batu andersite dan batu bata.

batu bata dan batu andersite


situs kunden ini ditemukan pada tahun 2002 oleh jarot alias bowo. situs ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke 9.


NB :
dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Ada semacam saluran air (berupa ruas-ruas) terbuat dari tanah liat keras dgn diameter sekitar 2-3cm di kedalaman 1-2m menuju ke utara, tapi sayang,sambungannya putus. Salam bwt smua warga yg terlibat dlm penggalian situs tsb..
Mas..antok gondrong,bowo,alex,wisnu,tofik,budi,dll yg ga bisa disebutin satu per satu. Peace for Nyariwatu.

Anonim mengatakan...

Maaf,maksudnya bukan saluran air tapi semacam pipa air..mungkin jaman dulu itu memang pipa utk mengalirkan air kali yaa..

Ok deh mas Tarabuwana. thx bgt!

Anonim mengatakan...

aku baru tahu ada situs itu didaerahku. Entah mungkin aku yang ga pernah jalan2. Aku ingin tahu lebih lanjut sebetulnya siapa yang menggunakan petirtaan itu dan siapa yang membangunnya, kenapa dibangun disitu. Apakah situs itu hanya berukuran demikian.

setyo budi mengatakan...

ga nyangka ternyata di kunden ad sbuah situs petirtaan jaman dahulu.
di tmpt ku manjung jg ad situs g klh menarik'y bhkan msih arca yg tersisa <>
tp sayang situs itu kini tinggal sbgian dan sbgian lg sdh dijadikan halaman rmh warga !!?

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?