Jumat, 09 September 2011 |

candi sambiroto

candi sambiroto berada di dusun sambiroto, desa banyuroto, kecamatan nanggulan, Kulon progo, DIY. situs ini kini hanya menyisakan reruntuhannya saja. bangunan candi terbuat dari batu bata dengan ukuran batu bata lebih besar dengan bentuk batu bata yang kini beredar di pasaran.

reruntuhan candi sambiroto

candi sambiroto sendiri kurang bisa dipastikan unsur keagamaannya, sebab tidak adanya artefak-artefak pentng yang bisa menggambarkan secara jelas kegunaan dan unsur keagamaan bangunan candi ini. bentuk bangunan yang terbuat dari batu bata membuat bangunan ini sungguh rentan akan kondisi alam, terlihat dari bentuknya kini yang tak jauh berbeda dengan bentuk gundukan biasa.
batu bata kuno

situs ini hingga kini masih digunakan oleh beberapa pihak yang hendang menggunakan areal ini dengan berbagai keperluan dan sepertinya masyarakan sekitar masih mengkeramatkan lokasi situs tersebut.
pondasi bangunan candi

situs candi ini pernah diteliti oleh pihak BP3. bahkan pada lubang galian di situs ini ditemukan sebuah batu bata kuno dengan ukiran bunga teratai yang kini telah diamankan oleh pihak BP3. tidak jauh dari keberadaan reruntuhan bangunan candi terdapat sebuah batu berlubang yang terbuat dari batu putih, bentuk bangunannya sendiri kurang jelas apakan sebuah komponen yoni ataukan sebuah umpak bangunan. disekitar batan batu terdapat beberapa goresan yang kuarng jelas maksudnya.
umpak/yoni...?

situs sambiroto merupakan sebuah tinggalan bangunan candi yang pernah terungkap disekitaran kabupaten kulon progo. situs ini juga berdekatan dengan situs jatiwangi yang kini kondisi bangunan candinya, telah di pendam kembali oleh warga sekitar.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?