Kamis, 15 September 2011 |

Situs Panggeran Kulon

Situs Pangeran kulon berada di Dusun Pangeran, Desa Triharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, DIY. kondisi situs ini memang sudah tidak bisa dipastikkan lagi sejarah apalagi bentuk asli situs burbakala ini. yang tersisa di dusun ini hanya beberapa komponen batu candi yang terserak di halaman rumah warga.


Batu candi situs Pangeran


Literatur bangsa kolinial tetang penyebaran bangunan candi di Kota Jogja, ternyata situs ini ikut tercantum. sayangnya tidak ada data kongkrit komponen batu yang bisa menggambarkan agama situs ini. namun dari keberadaan sisa penggalan batu-batu andersit kuno ini, sudah memperjelas bahwa dahulu di sekitar situs ini terdapat sebuah bangunan kuno yang jadi pusat peribadatan di sekitar situs ini kini berada.

 Batu candi situs Pangeran

Dari mulut warga sekitar, akhirnya memperjelas bahwa puluhan tahun lalu memang banyak ditemukkan banyak batu candi di sekitar lokasi dusun ini, sayang demi keamanan, akhirnya batu-batu tersebut diamankan kedalam tanah. walaupun ada beberapa orang yang mengaku pihak purbakala dan mengambil batu-batu tersebut, namun arus kejelasannya warga sekitar masih mempertanyakan hingga saat ini.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..


Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?