Kamis, 15 September 2011 |

sejarah yang hilang #4

1. SITUS BESALEN
situs besalen berada di Dusun Besalen, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, DIY. situs ini pada tahun 1985 di pekarangan milik bapak Hadi Margono di temukan batu candi yang terbuat dari batu putih berupa beberapa fragmen stupa, fragmen tersebut ditemukan di rumah bapak rakun. selain itu ditemukan pula 2 buah stupa dan bangunan candi di halaman rumah bapak halim


2. SITUS CANDI BELURAN
situs candi beluran berada di Dusun Beluran, desa Sindomoyo, Kecamatan Godean, Sleman, DIY. di situs ini pernah diketemukan beberapa komponen peripih yang kini telah diamankan pihak BP3.


3. SITUS GEJLIG
situs gejlig berada di Dusun Gejlig Ringinan, Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. di situsini ditemukan batu candi yang terbuat dari batu putih sepanjang 10 meter, 2 buah lingga patok dan juga sebuah kemuncak.


4. SITUS DAWUNG
situs dawung berada kaki bukit boko tepatnya di Dusun Dawung, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, DIY. situs ini ditemukan pada tanggal 17 agustus 1993 di belakang rumah bapak minto sudarmo. situs ini ditemukan pada saat ingin membangun pondasi bangunan. situs arkeologis yang ditemukan di situs ini ialah berupa: periuk perunggu sebanyak 3 buah, 3 mata uang emas, 28 lempengan emas, 6 lempengan perunggu dan 3 buah batu-batuan


5. SITUS SENDANG LANANG & WADON
situs ini berada di sendang lanang Dusun Joholanang, Desa Sindumartani, Ngemplak, Sleman, DIY. di sendang lanang ini terdapat beberapa batu candi yang tenggelam di sendang tersebut. kurang jelas asal muasal batu candi tersebut hingga berada di lingkungan sendang.


6. SITUS SUMUR TIBAN
situs sumur tiban ini berada di Dusun Lentingan, Desa Sindumartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman, DIY. di sebuah sumur yang disebuat sumur tiban terdapat beberapa batu candi yang dijadikan sebagai pondasi dinding sumur tersebut.


7. SITUS PERTAPAAN SURENGLANGAN
situs ini berada di Dusun Balerante, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Sleman, DIY. situs ini berada di sebuah gubuk yang dimana di dalamnya terdapat beberapa batu candi yang dikeramatkan.


8. SITUS PERTAPAAN SEMAR
situs pertapaan ini berada di Dusun Tegal Arum, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Sleman, DIY. di sebuah lahan milik bapak partodimejo terdapat sebuah gua yang didalamnya tergletak sebuah batu candi. kuarang jelas asal muasal batu candi tersebut.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?