Kamis, 15 September 2011 |

situs jaranan

situs jaranan berada di dusun jaranan, desa argomulyo, kecamatan cangkringan, sleman, DIY. situs ini kini hanya menyisakan sebua arca nandi dengan kondisi bagian kepala dan kaki depan sebelah kanan telah menghilang.
arca nandi

situs ini hanya berjarak kurang dari 100meter dari tanggul kali gendol yang luluh lantah terkena lahar merapi yang maha dahsyat tahun 2010 yang lalu, dan untungnya lokasi situs ini tidak terkena bencana alam yang banyak membuat kepala keluarga kehilangan tempat tinggal mereka. situs jaranan ini juga lokasinya tak jauh dengan keberadaan situs jetis dan situs guling yang kemungkinan dibuat pada masa yang sama.

untuk mengunjungi situs ini cukup gampang. ikuti saja jalan prambanan-cangkringan sekitar 15an kilometer, hingga sampai di dusun jaranan argomulyo di kanan jalan. ikuti saja jalan masuk dusun tersebut, hingga bertemu sebuah masjid berwarna hijau, di halaman rumah warga di samping masjid itulah, arca nandi situs jaranan berada.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?