Selasa, 12 April 2011 |

situs pulerejo (candi kulon 2)

di aliran sungai kali gedang kluthuk sleman. terdabat beberapa peninggalan batu candi disana. yang terdiri dari 2 dusun yaitu dusun pulerejo dan dusun ngeblak. kemungkinan batu candi tersebut masih dalam satu bahan baku bangunan candi yang terbawa derasnya air. oleh pihak BP3 batu-batu candi tersebut disebut dengan nama candi kulon. yang terletak di arah barat candi sewu.

batu candi situs pulerejo


situs pulerejo sendiri kondisinya kini banyak batu candi yang tergletak di aliran sungai dan kebanyakan masih terpendam dan lambat laun bakalan makin jauh terbawa arus. disitus ini juga banyak ditemui sebuah pondasi bangunan candi yang kemungkinan ini bagian kaki candi. yangsebagian masih terpendam didalam tanah.

batu candi di aliran kali

di situs ini juga banyak ditemui batu dari sebuah komponen stupa dan di situs yang berada di dusun pulerejo desa bokoharjo, Prambanan Sleman ini pernah diketemukan sebuah kepala arca budha yang kini diamankan pihak BP3 jogja dan disimpan di ruang galeri menuju lantai dua kantor BP3.
pondasi kaki candi

dengan diketemukannya komponen stupa dan juga kepala arca budha bisa dipastikan bahwa situs candi ini beragama budha. sama dengan situs candi rejo, candi bubrah, candi lumbung dan candi gana yang semuanya mengelilingi candi sewu dan semuanya situs-situs candi tersebut berlatarbelakangi agama budha.
batu candi di alur kali


untuk menuju situs ini ialah dengan melalui petunjung sebuah pondok pesantran yang berada di dusun ngeblak. dan tak jauh dari pesantren tersebut terdapat sebuah rumah yang berada ditengah-tengah sawah dan dibelakang rumah itulah situs pulerejo berada.

# terima kasih untuk cuk riomanda atas informasinya #


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

teror de brind dhilh mengatakan...

terhanyut semakin dalam terhanyaut.......... candi besar yang kini nasibnya tergantung oleh kekejaman bibit aliran air

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?