Kamis, 14 April 2011 |

situs kerto

pleret memang dahulu kala dikenal dengan ibukota keraton mataram islam. dan di kota yang berada di arah selatan kota jogja. situs-situs yang kini masih tersisa di daerah pleret sendir beragam, dari yang bekas tapak trilas sisa keraton di daerah pleret ataupun peninggalan-peninggalan masa hindu budha. yang meliputi situs kauman, kedaton, klangkapan, ataupun kerto

umpak pertama situs kerto


situs kerto sendiri berada di dusun kerto, desa pleret, Kecamatan Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. situs ini dahulu merupakan sebuah situs keraton kerto yang kini hanya menyisakan 2 buah umpak yang kini kawasan kerto sudah ditetapkan sebagai kawasan suaka purbakala. sedangkan sisa umpaknya ada yang berada di daerah taman sari tepatnya kini digunakan sebagai umpak masjidsaka tunggal.

umpak kedua


situs kerto ini sendiri dipercaya merupakan sebuah saksi sejarah sultan agaung yang mendiami wilayah ini sekitar abad 16an. dan dipercaya dahulu digunakan sebagai ibukota mataram islam pada jaman kejayaan sultan agung sekitar tahun 1613 atu 1618an.

batu candi


umpak-umpak ini sendiri hingga kini masih dikeramatkan dengan adanya sesajen dan dupa yang kini masih berdampingan dengan umpak-umpak ini berada, namun sayangnya di sekitaran umpak tersebut bagian pondasinya rawan longsor, di samping situs ini dahulu terdapat sebuah sungai kecil yangkini telah kering dan kini hanya menjadi tempat pembuangan sampah dan sisa pepohonan yang tumbang.

situs kerto


situs ini sendiri berada di tanah lapang dan tak mempunyai pagar penjaga. dan bila ingin mengunjunginya cukup memarkirkan kendaraan dipinggir jalan saja.



NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

teror de brind dhilh mengatakan...

kerajaan besar yang kini habis tak tersisa

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?