Minggu, 10 April 2011 |

penampungan BCB Sayegan

penampungan BCB di sayegan ini letaknya hanya sekitar 5 kilometer dari arah penampungan BCb yang berada di mlati. di situs penampunagn ini sendiri artefak BCB rata-rata berasal dari daerah sayegan, moyudan, minggir, kalibawang, godean hingga daerah depok.

penampungan BCB sayegan


di penampungan ini juga terdapat beberapa arca yang semuanya kini bagian kepalanya telah menghilang. salah satu arca yang berada di penampunagn ini ialah arca budha. saat ini kondisi dari arca ini baian kaki, tangan dan telapak kakinya telah menghilang, saat ini hanya menyisakan bagian badan dan kakinya saja. arca inidahulu berada di dusun tumut, desa sumbersari moyudan.

arca budha

selain arca budha disitus ini juga terdapat beberapa arca lagi, salah satunya ialah arca durga, yang berbentuk arac bertangan 8 dan diabwahnya sedang menunggangi sebuah nandi/lembu. araca durga ini sendiri kini bagian kepalanya telah menghilang.

arca durga

disitus ini juga terdapat beberapa arca nandi yang salah satunya dahulu ditemukan di dusun kembangan1 desa sumberrahayu, Moyudan. hampir semua arca di penampungan ini kini dalam kondisi sudah tak mempunyai bagian kepalanya.

arca nandi


di penampungan ini juga terdapat batu kuno yang bentuknya seperti sebuah umpak yang di bagian sisinya terdapat pondasi yang berbentuk seperti kelopak bungan. namun mengenai bentuk asli dan kegunaannya, belum bisa dipastikan

umpak/...?


hampir disemua penampunagn BCB baik di mlati ataupun di turi. memiliki koleksi beberapa bangunan miniatur candi. miniatur candi sendiri dibangun guna menjadi sebuah tempat peribadatan yang lebih minimalis dan berkesan dibangun untuk peribadatan sebagian orang saja atau individual.
miniatur candi

antefik di penampungan ini hanya 2 buah dan bentuknyapun bagian pahatannya sudah agak samar-samar dan terkesan polos. namun bentuk dasarnya masih bisa terlihat dengan jelas.

antefik

yoni-yoni di penampungan ini juga lumayan banyak. bahkan untuk menampung beberapa yonmi yang tak cukup pihak penampungan BCB di sayegan ini menambahkan lahan penampungan yoni-yoni yang sepertinya baru di kumpulkan. yoni-yoni ini sendiri ada yang ditemukan dari daerah moyudan yang antara lain berasal dari dusun nulisan sumberagung, dusun kembangan sumberarum, dusun tiwir bledug sumbersari, dusun tumut sumbersari dan juga dari dusun ngaglik sumbersari. yang unik dari yoni -yoni yang berada di penampungan ini ialah ada beberapa yoni yang dibagian atas ceratnya terdapat lubang sang keunikannya ialah bisa melihat aliran air yang berasal dari cerat lubang lingga menuju ujung cerat yoni..

yoni

diantara banyaknya yoni yang berada di penampungan ini sayangnya tak sebanding dengan keberadaan linggnya. lingga ialah pasangan dari sebuah yoni yang biasanya berada di tengah-tengah lubang atas yoni. di penampungan ini, hanya terdapat 2 buah lingga. dan sungguh minim memang. lingga memang suatu benda cagar budaya yang paling rawan dan paling gampang di curi. sebab bentuk lingga memang terkadang polos dan berkesan sama dengan batu-batu alam lainnya.

lingga

di penampungan ini juga terdapat sebuah kemuncak yang biasanya terdapat diatas puncak sebuah bangunan candi. namun sayangnya asalnya dari mana belum bisa terdata. kemungkanan candi yang memiliki kemuncak ini berukuran cukup besar, dilihat dari bentuk kemuncaknya yang panjang dan cukup besar.

kemuncak

untuk mengunjungi yang hendak mengunjungi penampungan BCB ini tak usah khawatir akan biaya kontribusi loket masuk. sebab sama dengan penampungan benda cagar budaya lainnya di tempat ini pengunjung hanya perlu menuliskan buku tamu. dan untuk mengunjungi situs iniacer-acer tergampang ialah dengan melalui jalur dari penampungan BCB yang berada di cebongan mlati. lurus saja dan ketika bertemu pohon beringin kecil ditengah-tengh jalan berbelok ke kanan lah... ikuti jalan tersebut hingga ketemu lapangan tenis. disanalah penampungan arca tersebut berada.

artefak BCB yang berada di penampungan sayegan


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

teror de brind dhilh mengatakan...

menampung saksi sejarah untuk tetap bisa abadi hingga kini.... kemajuan perhatian bangsa akan itu semua

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?