Minggu, 10 April 2011 |

situs sorogedug

situs sorogedug berada di dusun sorogedug desa sumberejo, kecamatan Prambanan sleman. DIY. situs ini kini hanya menyisakan beberapa batu candinya saja. sebenarnmya dahulu banyak ditemukan banyak artefak candi disitus ini, antara lain ialah lumpang, yoni dan sebuah kala.

batu candi yang berada di pinggir jalan

penyebaran batu candi di dusun ini kebanyakan berada di belakang pabrik gula sorogedug dan kebanyakan hanya berupa batu-batu polos saja. kemungkinan sudah dijadikan sebagai pondasi rumah warga.

ornamen batu candi

mengenai keagamaan situs orogeduk kurang bisa dipastikan. namun dilihat dari temuan sebuah yoni disitus ini bisa dipastikan dahulu di dusun ini terbangun sebuah tempat peribadatan bagi umat hindu. namun mengenai bentuk bangunan candi tersebut tidak bisa dijelaskan sebab banyak batu candi yang kini telah hilang.

batu candi situs sorogedug


# terima kasih untuk cuk riomanda atas informasinya #


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

3 komentar:

teror de brind dhilh mengatakan...

nama besar candi ini kalah tenar dengan pabrik gula yang berada di dusun ini... dan lebih parahnya nasibnya semakin terlupakan

heru lesmana syafei mengatakan...

Aku belum pernah tahu ada pabrik gula di sekitar situ

annosmile mengatakan...

@heruls: yuuk dicek

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?