Minggu, 10 April 2011 |

situs kanggotan

lingga memang identik dengan agama hindu namun tidak dengan sebuah lingga yangberada di dusun Kanggotan, desa Kerta, kecamatan Pleret, kabupaten Bantul DIY. persis di sisi utara Masjid Taqarrub. mesjid taqorub sendiri merupakan sebuah masjid kejawen yang termasuk sebuah masjid kuno yang bagian dalamnya masih dijaga keasliannya.

masjid taqorub dan sebuah lingga

lingga yang berada di situs ini merupakan sebuah lingga patok yang biasanya digunakan sebagai batas wilayah. lingga ini dibagian badannya terpahat sebuah prasasti yang tertulis melingkar. dan kemungkinan menceritakan sebuah hal tentang wilayah yang sedang sudah ditetapkan. pahatan prasastinya pun masih terlihat dengan jelas. sayangnya tidak ada sumber yang jelas mengenai sejarah dan asal muasal lingg patok ini bisa berada di samping masjid ini.

lingga kanggotan


# terima kasih untuk kris budiman/cuk riomanda DLL atas informasinya #


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

teror de brind dhilh mengatakan...

peninggalan agama hindu yang berada di sebuah masjid kuno... toleransi agama yang perlu dicontoh oleh semua bangsa... ga semua barang peninggalan sejarah yang berbeda dengan keyakinan agama yang kita anut itu hina dimata kita dan kita wajib menghancurkannya... lebih baik menghancurkan sikap kita yang serasa kita yang paling benar itu.

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?