Minggu, 10 April 2011 |

situs krapyak

situs krapyak berada di dusun krapyak/polangan, sumberejo, prambanan Sleman, DIY. di sebuah dusun kecil ini terdapat beberapa peninggalan batu candi, umpak, lumpang dan beberapa artefak masa klasik lainnya. umpak yang berada di dusun ini juga tergolong unik. mirip dengan yang berada di dusun grembyangan. umpak balok yang kurang jelas umpak ini belum jadi atau memang termasuk kedalam sebuah umpak-umpak polos.

umpak situs krapyak


sebenarnya di dusun krapyak ini dahulu terdapat sebuah yoni yang sejak pertengahan tahun 2010 yoni tersebut telah berpindah menuju kantor BP3 di daerah bogem kalasan. yoni yang berukuran besar dengan bentuk mahluk kala di bibir ceratnya dan dalam keadaan bagian ujung cerat telah patah.

yoni situs krapyak ( dok: BP3 Jogja)



NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

teror de brind dhilh mengatakan...

buat apa ya umpak balok itu... ditaruh dimana umpak tersebut.... unik,, sepertinya hanya ada di jogja umpak balok seperti itu

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?