Minggu, 03 April 2011 |

penampungan BCB Turi

penampungan BCB yang berada tidak jauh dari agrowisata Turi ini menyimpan beberapa artefak peninggalan masa klasik seperti arca, yoni, makara, kala, dan beberapa artefak lainnya. yang rata-rata di tampung dari kawasan Turi, Pakem, NGaglik, Ngemplak hingga cangkringan.

penampungan BCB Turi


salah satu benda cagar budaya yang berada di penampungan ini, yang kondisinya masih utuh bentuknya ialah yoni. yoni di penampungan ini lumayan banyak hampir belasan, namun sayangnya hampir semua tak berlingga. ada salah satu yoni di situs ini yang di ambil dari situs jetis di cangkringan akhir tahun 2010 yang lalu.

yoni


diantara yoni yangberada di penampungan BCB di turi ada juga sebuah yoniyang hanya menyisakan sebuah ceratnya saja... biasanya terdapat sebuah yoni tanpa cerat. namun kini ada cerat ga ada badan yoninya... badannya kemana ya, di mutilasi dan di buang entah kemana?

cerat yoni

di penampungan BCB di turi juga terdapat sebuah miniatur candi. seperti halnya yang berada di penampungan BCB di Sayegan, di penampungan turi juga ada, namun hanya beberapa buah ta sebanyak yang ada di sayegan.

miniatur candi

di penampungan ini juga terdapat sebuah lapik arca yangbentuknya mirip dengan yang ada di candi ijo ataupun candi kimpulan. namun sayangnya belom bisa dipastikan arca apa yang menduduki lapik ini. di bagian badan lapik arca terdapat ukiran bunga padma yang indah

lapik arca

di penampungn ini juga terdapat sebuah mahluk kala. yang tampangnya begitu mengerikan yang biasanya berada di ambang pintu massuk candi.. namun sayangnya kini kala2 tak menunggui sebuah banguanan megah candi.. kini mereka hanya berada di pemapungan

kala

di situs ini juga terdapat beberapa arca nandi namun sayangnya hampir semuanya kini tanpa kepala. diantara nandi-nandi yangberada di situs ini ada sebuah nandi yang dahulu berada di situs karanggeneng pakem. yang kini diamankan di penampungan ini.

arca nandi

selain artefak-arefak dari bangunan candi tadi disitus ini juga tersimpan sebuah makara yang dahulu ditemukan di situ candi , purwobinangun Pakem.. bentuknya masih utuh namun sayangnya makara satunya yang biasanya berdampingn berada di mulut tangga masuk menuju pintu candi kini tak terlihat lagi, mungkin sudah hilang atau masih tersimpan di suatu tempat.

makara

penampungan BCB di turi sendiri berbentuk punden berunduk dengan di kelilingi pohon salak. yang rasa-rasanya tangan selalu gatel inginnyomot barang sebiji salaknya.. penampungn inipun rasa-rasanya sepi pengunjung, mungkin lantaran tempatnya yang rada terpencil dan juga tempat rekreasi yang ada didepannya yaitu agrowisata turi telah tak beroperasi lagi.. yang kini hanya menyisakan reruntuhannya saja. sungguh disayangkan memang. padahal prospek kedua obyek wisata ini sungguh menjanjikan.

penampungan BCB Turi


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

Anonim mengatakan...

hormat kepada peninggalan nenek moyang,mengarahkan kita hormat pada orang tua kita,kemudian kepada Tuhan dan melahirkan mentalitas memayu hayuning bawono.

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?