Selasa, 12 April 2011 |

sejarah yang hilang #2

candi memang tak selamanya identik dengan tumpukan batu batu kuno yang bentuknya sungguh menawah dan megah. sebenarnya masih banyak lagi nasib candi-candi yang kini hanya tinggal nama ataupun hanya tersisa 1 taw dua batu dari bertumpuk-tumpuk batu yang semestinya masih tersisa. memang ketidak pedulian dan kurangnya peduli akan nilai-nilai sejarah yang begitu besar dari beberapa bongkah batu tersebut. dan dibawah ini ialah beberapa situs candi yang sepertinya mereka hanya bisa dikenang dan bahkan tidak sedikit pula yang mengetahui secara jelas tentang keberadaan mereka.


1. situs macanan

situs macanan berada di dusun macanan desa madurejo, prambanan sleman. situs in ikini hanya menyisakan 2 buah batu candi yang berada di halaman rumah warga. sebenarnya masih banyak batu putih polos yang ukurannya begitu besar-besar, namun kurang jelas apakan itu merupakan komponen dari batu penyusun candi. dan kini situs macanan hanya tinggal cerita saja


2. situs ringinsari

situs ringinsari berada di dusun ringinsari, desa bokoharjo, Prambanan, sleman. dan berada tepat didepan gunung menjulang yang di atas bukitnya kraton ratu boko yang megah berdiri kokoh disana. saat in iyang tersisa di dusun ringinsari hanya sebuah kemuncak yang berada di halaman rumah warga. dan menurut warga sekitar dahulu di sekitar batu in ikini tergletak memang banyak ditemui batu-batu candi namun kini telah habis digunakan sebagai pondasi rumah warga. dan yang tersisa hanya 1 buah kemuncak ini saja.

3. situs gempol

situs gempol yang berada di dusun gempol, desa kebondalem kidul, Prambanan, klaten ini kini nasibnya juga tak kalah memprihatinkan sebab banyak batu candi polos yang tergletak dirumah warga dan hanya dijadikan sebagai pondasi rumah warga. dan memang yang tersisa hanyasebuah batu berukir yang tergletak dipinggir jalan. yang bentuknya seperti bentuk lingkaran yang identik dengan komponen dari sebuah bangunan stupa.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

Max Trist cavalera mengatakan...

Terimakasih info yg sangat berharga..

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?