Selasa, 12 April 2011 |

situs ngeblak (candi kulon 1)

situs ngeblak sama dengan situs pulerejo yang memang kemungkinan masih 1 kompleks candi. yang BP3 menyebutnya dengan nama candi kulon. keberadaan situs ngeblak sendiri memang lebih beruntung sebab pertengahan tahun 2010 yang lalu beberapa buah batu candi yang jumlahnya hampir seratusan bongkahan batu candi. diangkut dari kali gedang kluthuk demi menjaga semakin luas arus air menenggelamkan dan membawa batu-batu candi tersebut menuju arah ang semakin tidak terarah.

batu candi bekas candi kulon


situs ngeblak yang berada di dusun ngeblak, desa Bokoharjo, Prambanan Sleman. yang jaraknya dengan batu-batu candi yangberada di dusun pulerejo. jarak keduanya tidak begitu jauh. dan hanya di batasi oleh kebun tebu.

beberapa batu candi yang masih terlelap dialirang kali

sebenarnya tidak semua batu candi yang di aliran sungai di dusun ngeblak ini di angkut dan di kumpulkan di halaman rumah warga. namun dengan sedikit perhatian untuk mau menjaga dari derasnya dan terkikisnya batu candi yang tenggelam didalam kali saja sudah baik.

tumpukan batu candi yang dahulu berada di aliran kali

situs ini sendiri merupakan sebuah candi yang dahulu digunakan oleh penganut agama budha. sebab beberapa batu komponen bangunan stupa pernah diketemukan di dusun ini. dan untuk menuju situs ini tentu saja perlu mengitari dan berpedoman pada pohon tebu yang berada di dusun ini sebab batu candinya berada di pinggir jalan yang tak jauh dari pohon tebu.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

teror de brind dhilh mengatakan...

miris melihat batu-batu candi terhanyut seperti ini.... sejarah yang hampir sirna

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?