Jumat, 02 September 2011 |

situs payak

Situs Payak berada di Dusun Payak, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul., jogjakarta. di ruas Jl.Yogyakarta-Wonosari km 12. Tepatnya dari 200 meter sebelah barat Puskesmas Payak.

situs petirtaan payak

situs ini merupakan sebuah situs petirtaan sudah digunakan sejak abad ke9. situs ini berbentuk huruf U dengan bahan baku terbuat dari batu putih. di bagain badan petirtaan (kolam mata air) terdapat sebuah relung kosong yang pada jaman dahulu digunakan sebagai lokasi penempatan arca siwa.
relung arca

penelitian disitus ini dilakukan sekitar tahun 1980-1983. selain temuan arca, disitus ini juga pernah diketemukan sebuah peripih dengan 17 buah lubang yang melambangkan wastupurusamandala yaitu diagram yang berfungsi sebagai rancangaan metafisika dan tata letak bangunan. Peripih tersebut terdiri atas lempengen emas dan perak. arca siwa yang pernah diketemukan disitus payak ini kini disimpan di musium kantor BP3 jogjakarta. arca tersebut terbuat dari bahan batu putih.

arca siwa yang dahulu pernah diketemukan di situs payak

Struktur bangunan situs payak batu putih berukuran 312 x 124 cm yang dilengkapi dinding berdenah U dan saluran-saluran air berukuran 25 x 25 cm yang berada di dinding kolam sisi barat daya. Pada dasar kolam, terdapat lubang pembuangan air.
lubang pembuangan air situs payak

situs ini berada pada kedalaman 5-8meter di bawah tanah, kemungkinan situs ini dahulu pernah tertimbut material merapi. situs payak ini sendiri diperkirakan dibangun pada abad ke 9 dan untuk menuju situs ini perluterlebih dahulu mencari juru kunci dari situs tersebut sebab hampir setiap hari situs ini selalu tergembok. yang lokasi rumah juru kunci situs payak ini hanya bersebelahan dengan situs payak tersebut.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

nyariwatu mengatakan...

situs kuno yang cukup menarik untuk dikunjungi

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?