Kamis, 27 Juni 2013 |

Situs candi karang

Situs Candi Karang berada di Dusun Candi Karang, Desa Sardonoharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman, Jogja. dari namanya tentu ada setitik catatan sejarah terkait keberadaan candi di dusun ini. walau begitu, ternyata apa fakta dilapangan berkata lain. di lokasi situ sini kini hanya menyisakan beebrapa komponen kecil dari sebuah candi yang tidak bisa dibayangkan, baik bentuk, ukuran ataupun agama dari bangunan suci ini.
  Potongan Arca

Sebenarnya sits ini keberadaannya sudah diketahui sejak jaman dahulu, bahkan Hopermans pada tahun 1913 pernah mengungkapkan akan keberadaan situs ini. hingga hingga kinipun belum bisa dipastikkan seperti apa bentuk situs ini ketika ertama kali ditemukkan. melihat dari lokasi batu candi yang cukup keberadaannya terpencar-pencar. bisa dipastikkan bahwa situs ini pernah dialih fungsikkan oleh warga sekitar. bisa digunakan sebagai komponen bahan bangunan ataupun hingga memindahkan lokasi komponen batu candi menuju lokasi yang bukan pada lokasi aslinya.

 Sisa Komponen Candi

salah satu bukti akan keberadaan situs ini, tentu bisa dilihat di beeraa titik, salah satunya ialah pertigaan menuju candi karang. tepatnya ialah di jalan Sunan kalijaga. disitu ternyata m asih bisa ditemukkan sebuah komponen arca. dimana kondisi arca kini hanya berupa setengah bada. dimana bagian perut hingga kepala arca ini sudah hilang.

Makara kah?

Tak jauh dafri keberadaan arca tersebut, ternyata kita juga masih bisa menemukan beberapa komponen batu candi dengan ukiran khas jaman klasik. mulai dari ukiran bunga dan juga pahatan sulur-sulur. lkasi batu berukir ini sendiri berada tepat didepan sebuah masjid.

NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentus aja akan punah dikikis jaman..


Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?