Rabu, 28 Maret 2012 |

candi wulan

Candi Wulan merupakan tinggalan arkeologis yang berada di kecamatan kalibawang, kabupaten Magelang, jawa tengah. situs ini kini hanya menyisakan 3 buah komponen keagamaan yang berasal dari jaman mataram kuno terdahulu, tepatnya sekitar abad ke-9.


Candi Wulan


3 peninggalan sisa candi wulan

3 buah komponen bangunan purbakala tersebut antara lain ialah bangunan Yoni, Arca Durhamahessa Suramardhini dan sebuah Lingga Semu. keberadaan 3 bangunan purbakala ini menandakan pada beberapa abad yang lalu di sekitar lokasi situs ini berada tumbuh penduduk yang menganut agama hindu kuno yang hidup berdampingan dengan alam.
yoni


Arca Durhamahessa Suramardhini


lingga semu

3 peninggalan di dataran tinggi kalibawang terdapat di sebuah lahan berpagar yang berada di dekat kantor kecamatan Kalibawang di desa banjaroya. sebelumnya lingga yoni tersebut ditemukan di dusun banjaran dan oleh warga sekitar ditempatkan dilokasi yang lebh aman yaitu di halaman kantor kecamatan.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah terkikis jaman..


Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

2 komentar:

rumputilalang mengatakan...

tukeran link mau gak mas?

nyariwatu mengatakan...

ok.. dah ta masukin barusan... salam kenal

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?