Selasa, 01 Februari 2011 |

candi banyunibo


Candi Banyunibo adalah salah satu candi yang kini bentuknya telah sempurna di pugar dan telah menjadi sebuah objek wisata sejarah yang perlu di ketahui dan dikunjungi selain candi prambanan dan candi ratu boko yang jaraknya tak terlalu jauh dari 2 candi yang tersohor tersebut.
jaladwara yang berbentuk sebuah makara

candi banyunibo merupakan candi beragama budha yang memiliki banyak keunikan, ada beberapa panel yang disuguhi dengan ornamen-ornamen bunga padma yang indah-indah. belum lagi beberapa arca dan relief di dinding candi ini masih tersisa dan dapat dinikmati keindahannya.
kondisi candi banyunibo pada tahun 1940an

kata banyunibo sendiri berasal dari kata "banyu tibo yangberarti air jatuh/ menetes dalam bahsa jawa. candi induk sendiri memiliki ukuran 15,325 x 14,25 meter dengan tinggi 14,25 meter. dan didalam bilik candi tidak terdapat sebuh arca sama sekali, kemungkinan arca budha di dalamnya telah hilang atau sudah diamankan pihak BP3.

candi banyunibo yang kesepian

candi induk banyunibo sendiri dikelilingi oleh 6 buah candi perwara yang sayangnya bentuknya sudah tak utuh lagi. dan diantara sisa pondasi candi perwara tersebut, terdapat juga sebuah stupa yang kemungknan bagian dari atap salah satu candi perwara. candi induk dan juga candi perwara sama-sama menghadap ke arah barat.


reruntuhan candi perwara

di sekitar penampungan reruntuhan batu candi di halaman candi banyunibo terdapat 4 buah arca nandi, 3 diantaranya tidak memiliki kepala. nandi sendiri merupakan kendaraan dewa shiwa dan biasanya candi yang memiliki arca nandi merupakan candi yang menganut agama hindu shiwa.

arca nandi


candi ini sendiri berada di dusun cepit, desa bokoharjo, prambanan, sleman. jaraknya sendiri tidak jauh dari candi ratu boko dan candi prambanan. dikarnakan candi ini sudah menjadi objek pariwisata dan bentuknya yang sudah di pugar. maka untuk bisa masuk ke situs ini anda dipungut biaya retribusi sebesar 2000 rupiah. (sewaktu-waktu harga tiket retribusi bisa berubah)

dikarnakan candi ini berada di tempat yang agak terpencil dan jauh dari jalan raya. kurang banyak pengunjung yang datang ke situs ini.

karcis retribusi (2000 rupiah)


sekitar candi banyunibo sendiri terdapat beberapa situs candi yang kayaknya bagus untuk dikunjungi, antara lain ialah, candi barong, situs dawangsari, situs keblak, situs marangan, candi singo dan candi bubrah



NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..



Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

2 komentar:

Pein Akatsuki mengatakan...

oh, masih ada reruntuhan Candi Perwaranya,,,,

Kalo sempet ke Yogya, jalan kemari ah dari Ratu Boko :D
Hehehehe.....

nyariwatu mengatakan...

bila jalan dari ratu boko menuju banyunibo. masih banyak ditemui situs situs kecil. situs marangan, candi bubrah, keblak dan situs candi singo. sebenarnya masih banyak namun bulan mei yang lalu beberapa yoni yang tergletak di sekitar banyunibo tersebut telah diamankan pihak BP3.

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?