Senin, 06 Desember 2010 |

situs gondang

situs megalitik gondang

situs gondang berada di dusun gondang, desa ngawis, karangmojo, gunung kidul yang letaknya 8 km dari arah wonosari. dan berjarak tidak terlalu jauh dari situs sokoliman.

kubur batu situs gondang

Penggalian terhadap situs ini pernah dilakukan pihak Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala DIY pada tanggal 10-14 Januari 1996. Berdasarkan penggalian, susunan batu yang ditemukan di sana dinyatakan bukan sebagai kubur batu. Akan tetapi susunan batu tersebut adalah hasil buatan manusia yang kemungkinan besar dimaksudkan sebagai talud agar tanah tidak mengalami kelongsoran di musim penghujan (situs ini berdiri di atas tanah yang berposisi miring karena memang berada pada perbukitan). Temuan sertaan lain seperti genteng dan arang bambu menandakan bahwa kompleks situs ini telah teraduk oleh aktivitas manusia sekarang. Di samping itu, batuan yang ditemukan di situs Gondang tidak menampakkan takikan seperti halnya takikan pada kubur peti batu seperti yang banyak ditemukan di sekitar wilayah ini.


beberapa batu candi dan megalitik berada di situs gondang


di halaman situs gondang ini selain terdapat 4 buah kubur batu, terdapat juga beberapa batu candi, menhir dan beberapa batu megalitik yang ditemukan warga disekitaran dusun gondang dan dikumpulkan oleh warga dan disimpan di halaman situs gondang. menurut penuturan warga sekitar ... saat pengumpulan batu-batu kuno tersebut sedang berjalan... kira-kira batu candi yang ditemukan oleh warga hampir memenuhi sebuah truk apabila semua batu yang ditemukan di masukan ke dalam truk.. sangking banyaknya batu candi yang tercecer di beberapa sudut dusun ini berada.

menhir situs gondang

ternyata selain peradapan megalitik yang berkembang di dusun gondang ini pada masa lalau, ternyata terdapat juga potongan kaki arca yang mengidentifikasikan bahwa masa klasih telah tumbuh di dusun ini beberapa abad yang lalu. namun kurang jelas peradaban apa yang masuk diwilayah tersebut.

sisa kaki sebuah arca

untuk menuju situs ini jalan tergampang ialah dengan menyusuri jalan desa ngawis.. dan ikuti jalan yang kehalusan jalannya tersebut kurang bagus tersebut nanti bakalan menemukan plang menuju situs gondang di beberapa tempat... dan jangan malu untuk bertanya pada warga sekitar sebab jalanan dusun di gunung kidul terkenal begitu rumit bagi orang diluar gunung kidul..


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..

selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?